cooking for Love 2#



Masalah engga sampe disitu, pas gue mau motong-motong bahan lainnya, yaitu Cumi, membentuk cin-cin, percis seperti yang di saranin artikel, keluarlah cairan hitam a.k.a tinta.

Untung sohib gue Jacky dengan tulus hati membantu membersihkan tuh Cumi, tapi setelah terlebih dahulu mengkuliahi gue tentang anatomi cumi. Emang orang yang satu ini besar di pesisir pantai, ngerti banget masalah percumian.

Rasanya pengen ngebanting tipi-tipi yang nunjukin ke kita kalo masak itu “easy”, yang nayangin untuk sebuah menu mereka hanya butuh waktu dibawah lima menitan, bayangin aja, baru aja tuh kokinya nyiapin bahan-bahan, eh tau-tau ude mateng aja . itu pitnah sodara-sodara … itu pitnah!! idealisme yang gue bangun di angan-angan: masak dan nyiapin semua bahan-bahan sendirian, sirna sudah, akhirnya gue ngizinin Ajong dan Jacky masuk medan perang..eh, masuk dapur buat bantuin gue. secara dari tadi kedua orang ini udah mondar mandir nawarin bantuan, teruatama Ajong yang bilang engga bisa nunggu lama-lama, karena ada acara. -.-“

kesmipulan: kenyataan dan idealisme harsulah sejalan,terkadang kompromi di butuhkan berdasarkan situasi dan keadaan.


Nasehat :jangan sungkan untuk menerima bantuan orang, selama bantuan itu bersifat mendukung apa yang anda harapkan, dan selama anda masihlah menjadi pemeran utamanya.


Sementara gue lanjut ngupas udang , Jacky dengan profesioanalnya bantu gue nyiapin bumbu yang dibutuhuin. “keprak… brakk!! Sereh..lengkuas.. di keprak Jacky, nih orang emang keknya ada bakat masak , gitu juga dengan bumbu yang lain, Jacky nyipain semua tanpa rasa canggung, tapi tentu saja masih di bawah komando gue.

Sedangkan Ajong nyiapin rebusan air bakal kuah nih masakan. Tapi sembari Ajong nyiapin air, Bentar dia liat bahan-bahan dan belanjaan yang gue beli tadi. trus nih orang geleng-geleng kepala: “ ya elah,.loe ngapain ribet-ribet gini? boros tau.. mending elo beli bumbu jadi, lebih murah dan cepet jadi. Kayak gue sama Irene aja kemaren pas ke singapur, kita beli bumbu jadi, trus tinggal masukin udang nya aja, langsung jadi..rasanya juga enak!

Ga lama Juli calon bini Harry ikut nimbrung ke dapur ngelihat kehebatan para pria-pria menghancurkan dapur: “ ia.. ada kok bumbu yang udah jadi, kan lebih gampang , rasanya juga engga kalah sama bumbu yang dibuatin sendiri loh ..

Apa yang dipikirakan oleh Ajong dan Juli? membuat tomyam yang lezat dengan harga hemat bersahabat tentu saja, sedangkan apa yang gue inginkan? Mencurahkan dan mengeskpresikan perasaan cinta pada 171289 lewat tomyam. Jadi jelas kita beda orientasinya.



Kesimpulan: sungguhpun benar bahwa orang lain bisa melihat diri kita lebih objektif. Tapi, percayalah terkadang orang lain tidak melihat apa yang “kita lihat”.


Nasehat: Jadikan pendapat orang lain sebatas masukan dan bahan pertimbangan, bukan tujuan. hei…ingat!! andalah yang punya rencana, andalah yang punya tujuan, jalani apa yang sudah anda yakini, karena dari situlah datangnya kepuasan.


Untungnya Harry bisa ngliat apa yang gue liat a.k.a “tujuan” gue. sambil terus ngerekam pake handphone , Harry ngomong: “ oii… jangan ngehancurin semangat orang dong.. dia ini kan lagi ngelakuin katakan cinta dengan masak, gimana sih?!! “ha ha ha agree with you bro..

Ditengah-tengah acara masak, Ajong lagi-lagi nyarinin idenya: “Ini nih.. jangan lupa kasi bawang Bombay katanya sambil nyerahin sebiji dalam ukuran sedang. “Diiris-iris biar mantep!! “ what?? Dari semua litetrature tomyam yang gue baca, belum ada tuh Tomyam yang di kasi bawang Bombay. Akhirnya itu bombay bener-benar engga gue masukin, walaupun si Ajong ude usaha buat ngupas segala.

Trus Jacky pun beraksi, “nih daun jeruk dimasukin sekarang biar wangi..” entar Jack..entar.. pas mau mateng aja… pinta gue. “ tenang yas, gini-gini ahli nih.. kata Jacky ngotot naburin tuh daun jeruk ke air. Padahal mestinya tuh daon dimasukin paling akhir. Tapi Kalo yang satu ini udah engga kecegah, soalnya nih orang ude terlanjur masukin sekalian ngaduk-ngaduk segala. T.T


Kesimpulan: Ingat!! adakalanya orang tidak hanya sekedar memberikan saran, tapi juga melakukan perbuatan yang menurut mereka benar dan akurat, tanpa anda setujui, dan minta!!


Nasehat: Jadilah tegas.. katakan tidak, kalau itu tidak sesuai dengan apa yang anda harapkan. ingat ..ini hidup anda , ini cara anda, adakalanya yang terbaik buat orang bukanlah yang terbaik buat anda.



Masi tu bi kuntiniu…

Komentar

Postingan Populer