mamaku marah





“hallo…Ini abang yah??
Ia.. apa kabar Kez??
baik bang, mau ngomong sama bapak yah?! entar yah..
Katanya dengan nada ceria, kemudian buru-buru ngasi hp ke bokapnya yang adalah Tulang gue..

“Haloo mang.. apa kabar??
Baik Tulang, Tulang dan keluarga apa kabar??
Puji Tuhan kita baik-baik semua.. ada apa? tumben nelpon..
“Engh,.. ha ha ha ha,, engga apa-apa, cuman pengen ngobrol-ngobrol aja..

Gak lama kemudian kita ngobrol-ngobrol santai dan akrab. Ini adalah buntut dari beberapa hari sebelumnya nyokap gue ngamuk-ngamuk di telpon, karena jarang nelpon sodara-sodara yang ada.

“Kau tak hidup sendiri di dunia ini, ada saudara-saudara yang kau butuhkan, jadi orang jangan terlalu cuek, memang apa susahnya ngobrol saja?? Masak dari tante kau sakit, sampe dia di panggil Tuhan, tak ada telpon dari kau?? Sekarang sudah terlambat, kau mau ngobrolpun tak bisa!! Kalau kau merasa keluarga itu berharga, ya kua harus tunjukan lewat perbuatan..

Dipikir-pikir memang gue kebangetan dan parah.. gue ngelewati moment yang ada gitu juga, sebenarnya gue bukan cuek-cuek aja. Hanya saja gue merasa terbebani atau sungkan ketika nelpon, karena ga ada hal yang bisa gue bantu. Niat gue, kalu gue nelpon ada yang bisa gue lakuin, jadi ga modal omdo.. buktinya saban hari, tante dan ke luarganya toh gue bawa dalam doa..

But my mom said..
Bagaimana orang tau kau peduli dan punya niat membantu, kalau omongan mu aja tak ada, ngajak ngobrol aja kau tak mau. Bantu doa kau bilang?? memangnya kalau kau mau doa sama Tuhan, sudah pasti kasi sesuatu?? Tidak kan?? Memangnya doa itu artinya apa?? Ya ngobrol sama Tuhankan? Masak sama Tuhan kau ngobrol, sama orangnya tidak??
Skakmat dah gue.. gue cuman bisa minta maap..maap.. dan maap sambil dengerin nyokap gue ngamuk-ngamuk selesai.

Jadi itulah sebabnya gue nelpon Om a.k.a Tulang gue saat ini. Sebelum nelpon yang ada di pikaran gue suram abis: alangkah sedihnya dan beratnya hidup yang mereka jalani, alangkah murungnya Tulang gue yang masi muda tapi keburu duda, alangkah sedihnya para sepupu gue yang di tinggal Maminya saat masih kecil dan belum siap menghadapi kerasnya hidup ini, alangkah hari-hari mereka di penuhi kekalutan dan berbalut duka……

But… semua berbeda.. adik sepupu gue yang tadi angkat telpon ceria banget, seolah-olah engga terjadi apa-apa. Ga kalah sama Tulang gue, ketika angkat telpon dia Ceria dan santai banget. Bahkan tanpa babibu.. dia langsung masuk ke topik pembicaraan favoritnya, setiap kali ketemu atau ngobrol sama gue. Ya.. apa lagi kalau bukan topik perkimpoian. Maklum gue adalah bere a.k.a ponakan satu-satunya yang ia punya.

-pelajaran-

1.Jangan anggap remeh komunikasi, perhatian dan simpati tidak selamanya dalam wujud materi.

2.jangan menyimpulkan sesuatu hanya berdasarkan persepsi, karena persepsi sering kali salah dalam memberi arti.


Dan dari satu jam obrolan santai dan akrab kita, lebih dari 80% obrolan kita adalah masalah perkimpoian, berikut petikan obrolan seru paman dan ponakan.

-dikira MAHO-

“kau tau tidak mang? si anu itu loh, teman sekampung kita, katanya kemaren sempat di Jakarta juga, trus pulang kemaren kesini, katanya dia mati di mutilasi sama si anu. Sampe masuk tipi segala.. ternyata mereka itu HOMO, makanya kau cepat-cepatlah cari istri. setiap ada berita kriminal aku selalu kuatir sama kau, karena di Jakarta itu, orangkan cuek-cuek. Makanya selalu kubilang, cepatlah kau cari istri, biar bagimanapun lebih BAIK BERDUA daripada SENDIRIAN, Firman Tuhan juga ngomong kayak gitu.
*wedew.. gue pikir isyu seseorang itu maho, karena kelamaan ga punya pacar atau merid hanya berlaku pada public pigur, ternyata enggak Juga.

-jangan pilih-pilih-

Kau jangan terlalu banyak mikir dan pilih-pilih, nanti kau malah dapat yang busuk.. ha ha ha ha.. kau harus cepat bergerak lah..
*woups…emangnya jeruk, dapet yang busuk???

-semua ada waktunya-

Aku jadi teringat sama pesan mamak kau dulu, dia bilang sama aku : “Jangan mentang-mentang banyak yang suka samau kau, kau santai-santai masalah jodoh, semua ada waktunya, nanti ada masanya tak ada yang mau sama kau. karena itu mang.. aku langsung buru-buru cari istri.. ingat mang, semua ada waktunya..
FYI: tulang gue yang satu ini memang terkenal ganteng, semasa muda banyak cewe-cewe yang frustasi ngejer2 die..jadi kalu dia ngomong kayak gitu ,berarti gue juga masuk kategori ganteng abis.. ha5 *persepsi gue sih.. - -“

-karakter dan sara-

Oo...tak apa-apanya orang Cina, karena orang Cina di Jakarta itu pemikirannya lebih terbuka dan maju. Tapi kau harus siap tanggung resikonya, karena kebanyakan orang Cina itu cerewet dan ketus-ketus.. sama seperti istrinya si A, B, dan si C.. tapi memang tidak semua seperti itu, ada juga yang baiknya minta ampun kayak istrinya si Z dan Si G itu, baiknya luar biasa.
*ha ha ha.. sejak kapan cobak karakter seseorang itu based on Ras?? bukannya karakter seseorang itu based on person? Lagian wanita cerewet memang udah fitrahnya, kalu masalah cewe ketus.. memangnya ga ada cewek batak yang ketus?? -.-“

-jangan gengsian-

Kau jangan gensian mang, kalau bina hubungan itu harus tulus dan jujur, bicara apa adanya aja. jangan nanti kau bilang tanah bapak ku ratusan hektar di Medan.. atau sok-sokan gitu. Hubungan yang sehat itu di bangun atas kejujuran.
*walaupun gue sadar dan mahfum kalau cewe-cewe itu demen banget di bohongi, tapi percayalah, gue bukan tipikal yang manfaatin trick ini, berat coy…gue merasa terbebani kalau ngibul.

-Tanya Tuhan-
Coba kau bawakan dalam Doa puasa, aku dulu sama nantulang mu juga kayak gitu, kita sama-sama doa puasa tiga hari. Kita Tanya Tuhan betul-betul, supaya Tuhan kasi yang terbaik. Puji Tuhan, waktu itu kita sama-sama dapat konfirmasi yang sangat kuat, akhirnya kami menikah, padahal waktu itu banyak kali orang yang ngejodohin dengan siini dan siitu.. tapi tetap aku Pilih Nantulang mu, yah… walaupun hari ini kita di tinggalkannya,tapi Tuhan kan pasti punya rencana indah.

-Kasian anak-anak-

Pokoknya cepat lah mang.. kasian nanti anak-anak kau, kau keburu Tua, padahal anak-anak kau masih kecil..

Dan oh ya, kalimat yang paling sering di ungkapin adalah :LEBIH BAIK BERDUA DARI PADA SENDIRIAN, dan ITU ALKITABIAH..ha5

Jadi jelas banget nih Tulang gue, mendesak gue buat cepet kimpoi.. tapi, apa boleh buat, gue bukanlah tipikal orang yang gampang jatuh hati. Kadang-kadang gue iri sama temen gue, yang gitu kenal hari ini, besoknya jadian.. gue sering kali garuk-garuk kepala… kok bisa ya?!segampang itu mereka jadian??

Lah gue?? Hari ini demen, besok temen.. satu-satunya yang ada di pikiran gue, ketika gue ngobrol-ngobrol masalah perkimpoian sama Tulang gue adalah: wanita yang sering gue panggil 171289. Asli nih orang satu-satunya yang ngebuat gue jatuh cinta pada tahap norak dan nyaris gila. Nih dia orang yang bikin gue rela mengobral reputasi gue. *memangnya gue punya reputasi apa ya??

Buat gue 171289 adalah wanita yang benar-benar sesuai impian gue, satu-satunya wanita yang memenuhi semua criteria wanita idaman.
Karena:

Cantik
Terserah mau bilang gue lebay atau apalah, tapi buat gue , sampai hari ini…171289 adalah wanita yang paling cantik yang pernah Tuhan ciptain.

Pinter
Engga di raguin lagi, kalau dia ga pinter, ga mungkinlah bentar lagi dia bisa jadi dokter gigi.

Kaya
Hmm.. mungkin ini kedengeran Matre, tapi memang gue punya obsesi buat macarin anak orang kaya, ini bukan masalah ngincer materi,.. Come on, gue kan cowo? engga etis ngarepin sumber hidup dari pasangan, bisa di injak-injak harga diri gue nanti.. ini lebih ke masalah “experience” dan sensasi punya pacar atau pasangan hidup anak orang kaya. Dan buat standar gue, dia ini cukup kaya.

Selera humor tinggi
Walaupun menyukai wanita yang tenang karena berkesan anggun, tapi tetap, gue lebih suka wanita yang punya selera humor yang tinggi, come on.. hidup ini singkat.. masak di habiskan dengan orang yang serba serius?! Dan ya.. 171289 ini Lucu dan selera humornya tinggi..

Mandiri
Gue ga pernah kebayang punya pacar atau pasangan hidup yang super manja ga jelas, yang takut kutek di kukunya luntur…. 171289 bukanlah tipikal kayak gitu, Dia adalah wanita yang cuek, mandiri, sekaligus pemberani..

Itulah sebanya, gue ngarep banget sama mahluk yang satu ini… walaupun begitu, dia sebenernya bukanlah wanita yang sempurna. Dari hasil pengamatan, gue bisa ngambil kesimpulan kalau dia ini..

-kurang telaten..
Yak kurang telaten, Kalau enggak mau di bilang selebor… ha ha ha… barang-barangnya suka berceceran kesana kemari.. percis kayak gue.

-pelupa
Mungkin ciri khas orang periang itu adalah suka lupa, 171289 juga tipikal pelupa…. Percis kayak gue..

-salah kostum
Ha ha ha ha… walau tampang super model.. tapi nih orang sering salah kostum.. a.k.a bukan tipikal orang yang modis-modis amat.

-ga bisa masak
Gue yakin… nih orang engga bisa masak… berani Taruhan!!

Tapi lagi-lagi, gue enggak seberuntung yang gue harapin, buktinya nih orang malah illfill sama gue, dan semua akses gue buat nemuin die di dunia maya di block.. dan yeah, ude setahun ini gue kaga ketemu dia lagi, yang bisa gue lakuin adalah mantengin status dia di twitter saban hari, percis kayak orang bego.

Jadi… boro-boro ngajak kimpoi, jadi temennya aja kaga lulus.. sebenernya gue pengen berhenti dan ngelupain dia, tapi ga gampang, ini masalah hati. Yang bisa gue lakuin adalah percis Om gue bilang. “semua ada waktunya” gue percaya besok atau lusa, hari ini atau nanti… waktu akan bicara, kalau kaga dapat juga.. gue pasti bisa melupakannya. ITU PASTI!!!



*Tulang : panggilan saudara laki-laki dari ibu. Setara dengan paman
*Nantulang: istrinya Tulang a.k.a tante
*bere: ponakan
*amang= panggilan sayang dalam keluarga yang di tunjukan untuk anak laki-laki, amang juga berarti Bapak

Komentar

Postingan Populer