Sehat itu Hemat !



Semingguan yang lalu gue ngalamin bibir jontor karena kegigit gak sengaja *apes banget yak?! Nah beberapa hari kemudian tuh luka bekas gigitan perih banget kalau pas makan, sehari..dua hari.. tiga hari.. gue nahan-nahan nih sakit. tapi lama kelamaan gak kuat juga, udah hampir seminggu kok enggak sembuh juga? Jadi kepikirlah buat membeli obat untuk menyembuhkan bekas luka gigit itu.

Dari beberapa info yang gue dapet, salah satu penyembuh luka bibir yang baik adalah : abhoth*l, padahal fungsi utama yang sebenernya adalah untuk pembersih organ intim wanita. Geli banget sebenernya, tapi ya udah lah, toh kata banyak orang obat itu manjur.

Jadilah gue ke indomar*t buat beli obat itu, sebelum beli , gue sengaja keliling toko itu buat milih-milih cemilan, sesudah dapet, gue langsung ke kasir dan nanya : “Mbak Abhot*l ada gak?? Ada mas, kata si mbak sambil noleh ke belakang, “harganya berapa ya? “Satunya : tiga puluh satu ribu rupiah!! Dalam hati, what?? Mahal amat!! “engh.. enggak jadi deh mbak.. trus gue mundur dari kasir.

“Aje gile.. mahal banget, lagian gue make juga bakalan dikit, mubajir banget!! gue membatin. Dari pada gue ngabisin duit buat beli obat gituan, mending tiga puluh satu ribu ini, gue beli yang enak-enak ide cemerlang gue nongol. Jadilah malam itu gue ngebeli : liang teh cap pistol beli satu dapat dua, susu ultra coklat ukuran sedang, satu kotak serbuk vitamin C, plus satu botol larutan penyegar cap kaki t*ga! Dan harganya.. gak nyampe tigapuluh ribu!

Di jalan pulang gue ngerenung : gila ya… sakit bibir jontor aja mahal, udah mahal gak enak pula!! Mending gue belanja yang enak-enak kayak ini, toh pake ini juga nanti sembuh, dan bener aja ..dua hari berselang bibir jontor gue sembuh total.

Itu baru abotil yang harganya masih dibilang murah banget, gimana kalau sakit yang parah?? Gue pernah denger ada sejenis obat yang sekali pake itu ampe lima ratus ribu, dan harus make seenggkanya dua kali dalam sehari, apa enggak bangkrut tuh?!
Gue juga punya seorang temen yang sering gue bilang langganan rumah sakit. Miris banget liatnya, gaji dan penghasilan dia habis di rumah sakit. Gimana enggak? setiap tiga bulan sekali dia akan nginep di rumah sakit minimal dua hari! Sangking seringnya, gue suka bilang: “bro dimana-mana ya, orang itu langganan Koran, lah elu.. malah langganan rumah sakit!!

Bener-bener dah sakit itu mahal, udah mahal enggak enak, tetapi persepsi selama ini kalau mau sehat itu harus mahal, makanan bergizi itu mahal, badan ideal itu mahal!! Menurut gue salah besar.. yak salah besar!!

Gue cukup bersyukur selama 10 tahun ini, walau jauh dari rumah gue gak pernah sakit parah, atau harus nginap di rumah sakit. bukan apa-apa, gue udah terbiasa mengikuti pola hidup keluraga gue yang di kampung. Yaitu makan bukan tunggu lapar, tapi harus disiplin pada jamnya! trus kalau sakit sebisa mingkin hindari minum obat-obatan kimia, utamain minum air putih yang banyak dan istirahat yang cukup. Dan selama ini pula gue meraktekin itu, dan bersyukur buat Tuhan gue jarang sakit.

Dan salah satu penyebab kita sering jatuh sakit adalah, bukan karena seseorang kurang ganteng.. eeh, kurang duit. Tapi lebih kepola hidup kita sendiri. Gue sering banget jenguk teman gue kerumah sakit untuk penyakit-penyakit yang populer sekarang ini, yaitu: magh kronis, kalau enggak ya tipes!! Padahal Mereka-mereka ini bukan orang yang gak punya duit buat beli makanan mahal nan bergzi loh, tapi lebih ke tidak teraturan pola makan mereka. Sebagai akibatnya, mereka harus mebayar mahal! Makanya gue bilang sakit itu mahal.

ngomongin makanan Sehat, makanan sehat sering di identikan dengan makanan mahal, padahal kenyataanya enggaklah demi kian. Mahal enggak selalu bergizi, mau contoh?? Ya junk food!! sedangkan murah belum tentu tanpa gizi !

Gue mau share sedikit dah masalah makanan, beberapa bulan belakagan ini gue sering di keritik teman-teman karena keliatan rada gemuk, masih tahap wajar sih, tapi secara badan gue pendek, gemuk dikit aja langsung keliatan cebol!! Ha5

Oleh seorang teman gue di saranin ngurangin makan nasi, karena nasi mengandung gula yang tinggi, jadi semenjak itu gue ngurangin makan nasi, jadi kemana-mana sekarang gue selalu minta nasinya separuh aja, rada risih awalnya, dalam hati: kayak cewe aja nih, makan nasi kok setengah?!

Tapi ia loh, walau sekarang belum keliatan hasilnya, perasaanya jauh lebih enak, dan tentunya juga lebih enak di kantong. Tapi gue bukanlah tipikal orang yang ekstrim enggak makan ini, enggak makan itu, gue enggak mau kayak gitu, gue enggak mau kurusan dengan cara yang ekstrim, karena selain berkesan enggak bisa menikmati hidup, percayalah.. sesuatu yang ekstrim pasti ada sisi buruknya. Jadi sekali seminggu gue masih maen ke lapak-lapak nasi kapau yang banyak berjejer di daerah kwitang ha5..

gue mau share nih pola makan harian gue yang gue yakin baik!

Sarapan!
Dulu, gue selalu sarapan pagi dengan sepotong roti harga seribuan plus secangkir teh manis, sampe suatu hari gue nemuin roti berumur seminggu yang nyelip di tas gue. You know what?? Walau udah seminggu roti itu masih utuh, enggak jamuran! Padahal gue yakin tas gue enggak di lengkapi tehnologi pengawet makanan! He5. Jadi bisa di pastikan roti itu mengandung pengawet yang tinggi. Bener sih murah, tapi kalau sering-sering di konsumsi , bisa gawat kan?!

Akhirnya gue kepikiran buat nyari sarapan yang murah tapi juga sehat, akhirnya kepikirlah buat sarapan sebutir telur tiap hari, awalnya serem: entar kolesterol , entar bisulan, darI pada serem akhirnya gue googlinglah keamanan dan manfaat telur buat dijadikan sarapan.

dan hasilnya:

manfaat telur untuk tubuh kita:
Menjaga perut tidak cepat lapar.
Bagi yang ingin menurunkan berat badan, telur bisa menjaga perut terasa penuh lebih lama, sehingga tidak cepat merasa lapar. Penelitian di Rochester Centre of Obesity di Amerika mengungkap 2 butir telur rebus dalam menu sarapan bisa memangkas kebutuhan sekitar 400 kalori sepanjang Hari.

Meningkatkan kekuatan otak
Sebutir telur berukuran sedang mengandung sekitar 250 mg choline, senyawa penting yang dibutuhkan dalam perkembangan otak janin dalam kandungan. Ibu hamil yang mengkonsumsi 550 mg choline setiap hari akan melahirkan bayi dengan daya ingat yang lebih kuat.

Mencegah kebutaan pada lansia.
Bagian yang disebut-sebut mengandung banyak kolesterol yakni kuning telor punya kandungan lain yang sangat penting yakni senyawa lutein. Jika dikonsumsi secara rutin, lutein bisa meningkatkan kesehatan mata dan mencegah berbagai jenis kebutaan yang dipicu oleh proses penuaan.

menjaga kesehatan jantung.
Asalkan tidak dikonsumsi berlebihan, kandungan kolesterol dalam kuning telor tidak akan membahayakan jantung dan pembuluh darah. Sebaliknya, kandungan lemak baik yakni Omega 3 yang tinggi dalam telur justru bisa memperbaiki sirkulasi darah serta meningkatkan fungsi otak secara keseluruhan.

Memberikan nutrisi untuk awet muda
Agar kulit tidak cepat keriput, wanita membutuhkan asupan protein 45g/hari, sementara pria butuh 55g/hari. Karena telur ayam berukuran sedang mengandung sekitar 8g protein, maka 2 butir telur sudah memenuhi lebih dari sepertiga dari kebutuhan protein pada wanita atau hampir sepertiga kebutuhan protein pada pria

Sumber: http://sipandu.com/manfaat-makan-telur-untuk-sarapan/

Gilak… keren banget kan?? Nutrisinya bejibun, kolestrol bla-bla hanyalah mitos, asal di konsumsi enggak lebih dari 2 biji sehari, itu aman bahkan baik bagi tubuh. Jadi mulai kemaren gue selalu beli telur setengah kilo per minggu , yang isinya bisa dapat 8 biji, nah berarti kalau cuman makan sebiji, setara dengan sarapan seribu rupiah, tapi aman, juga kaya nutrisi!!
Gimana? betul dong sarapan murah seharga seribu, tapi kualitasnya jitu?!

Makan siang.

Dulu, setiap makan siang gue selalu makan gila-gilaan, akibatnya gue makin gemuk dan makin cebol aja, apa lagi warung langganan gue yaitu: warung emak, ngasi nasi udah kayak sebakul aja ha5, selain itu harganya pasti mahal, gue selalu makan siang degan kisaran Sepuluh sampe dua belas rebu sekali makan. Sebenernya kalau di liat porsinya sih harga segitu wajar!

Sekarang gue pindah warung, dengan pertimbagan warung yang ini lebih jauh, jadi gue bisa gerak banyak, maklum kerjaan gue cuman duduk seharian. terus porsinya lebih manusiawi, pun menunya beragam . kayak menu makan siang gue hari ini.
Nasi separuh
Sepotong ikan tongkol
Sayur kangkung
Tempe goreng dua biji

Cuman kena rp. 7500 cuy!! Gimana? Murah meriah kan, dan oh ya… tetep dong warung ini sehat ala warung emak, karena menggunakan system sekali masak!! Maklum mereka buka hanya sampe sore!!

Makan malam:
Nasi separuh
Sayur
Lauknya gak jauh dari ikan deh
Kena 7000 saja!!

Gimana?? Tetep sehatkan? Tetep enakkan?? Nutrisi terjaga kan? Makanya gue bilang, kalau sehat itu murah, asal ada niat ada kemauan, kita bisa ngatur pola makan yang sehat tapi tetap enak, menurunkan berat badan yang wajar, tanpa harus kelihatan kayak bangke!! He5

Udah dulu ah, besok di lanjutken lagi, entah kenapa gue jadi pengen nulis tentang pola sehat ala gue, padahal sebenernya gue enggak ideal-ideal banget kok, cuman dengan track record kesehatan gue selama ini, gue bersyukur aja jarang sakit. Tapi tentu saja gue harus bersyukur itu sebagai karunia Tuhan!! Tapi tetep dong, karunia harus di pertanggung jawabkan!! Salam sehat.. halaah.

Komentar

Postingan Populer