"Loe Fitness ya??





*Sehat itu Hemat #3

Suatu hari pas lagi bertandang ke gereja tetangga buat jualan buku bakal dana misi, ketemulah gue dengan Myra, salah satu sahabat dekat gue waktu dia belum merid dan masih pelayanan di gereja yang sama. Setelah salaman dan ha hi he ho , juga ngenalin suami dan putri pertamanya! *ampun dah anaknya udah gede aja. Trus dia merhatiin gue bentaran dan sekonyong-konyong dia menduduh gue semena-mena.

“Yas.. lu Fitnes ya?!
Enggak kok Mir..
Halah boong lu, lu pasti Fitnes!!
Beneer.. gue enggak Fitnes!!
Bohong.. lu pasti fitness , dulukan badan lu kurus kering, enggak ngembang kayak gini, lu pasti Fitnes!!
Akhirnya gue nyengir aja, itung-itung buat nyenengin temen yang satu ini.

Sebenernya bukan cuma Myra, belakangan ini gue memang sering di tuduh semena-mana kayak gitu, entahkah itu teman lama, kakak senior, bahkan gembala di gereja guepun nanyain hal yang sama: Kamu Fitnes dimana??

Lama kelamaan entah kenapa, pertanyaan Lu fitness atau Fitness dimana, menjadi kebangaan tersendiri buat gue, itu artinya kebiasaan olah raga gue sudah mulai di apresiasi orang lain. Dengan tuduhan :Fitnes!!

Padahal yang gue lakuin bukanlah Fitnes sama sekali, bukan saudara-saudara… percayalah, saya tidak Fitnes!! Kenapa?? Yang pertama karena bayar! Ha ha ha, Yang kedua masalah waktu! Bayangain kita mesti repot-repot ngeluangin waktu dari rumah ke tempat fitness . istilahnya, kita banyak resiko, resiko waktu, resiko repot dan resiko uang.

Tapi alasan ini juga sering banget di pakai sama orang-orang yang malas olahraga, enggak ada dana, enggak ada waktu, padahal hidup sehat tidak selalu masalah waktu dan dana, tapi lebih kemasalah kemauan. Mau apa tidak, laiknya pepatah bilang : dimana ada gula disitu ada kopi! *hammer

Jadi darimana dong tuduhan Fitness itu berasal?! Ya tuduhan Fitnes itu akibat kebiasaan gue olah raga setiap pulang kerja. Awalnya karena cemas, sama badan gue yang semakin membulat, jadi terpikirlah ide, bagaimana mengurangi agar proses pembulatan bisa di hambat.

Satu-satunya olah raga yang free dan bagus buat kesehatan itu adalah lari pagi. Tapi masalahnya di tempat kost gue yang sekarang ini enggak mendukung buat lari pagi, entar di kejar-kejar hansip lagi, di kira maling.

Jadilah gue menyisiatinya dengan olah raga dalam kamar! Ia dalam kamar!! Jadi sepulang kerja, biasanya gue langsung nutup pintu dan jendela rapat-rapat. Kemudian puter lagu Punk atau sejenisnya, pokoknya musik yang beatnya cepet dan macu adrenalin, kemudian.. aksipun di mulai: Loncat 100 kali, Pushup dua sesi ,masing-masing enam puluh kali, jadi totalnya seratus duapuluh kali, trus sit up enam puluh kali, trus ditutup dengan perengangan kaki dan tangan juga pinggang.

Awalnya gue ngelakuin gerakan itu secara serampangan aja, karena memang ruang gerak yang terbatas, tapi setelah gue gogilng ternyata gerakan-gerakan yang gue lakuin itu, apa bila dilakukan dengan “teratur” memiliki khasiat buat kesehatan loh, nih dia gue kumpulin dari berbagai sumber.

Manfaat Push up
- 1. gerakan push up bisa memperkuat organ tangan dan kaki. Orang yang rajin melakukan push up setiap hari akan punya bentuk tangan dan kaki yang lebih baik. Semakin banyak jumlah push up yang dilakukan maka akan semakin baik bagi tangan dan kaki.

- 2. push up membuat kerja jantung menjadi lebih sehat, peredaran darah lebih lancar dan membuat tubuh tampak lebih segar ketika dipandang.

- 3. push up akan memperkuat kerja organ tubuh yang lain. Saat kita melakukan push up maka akan terjadi proses pembakaran lemak, dan bagi wanita yang rajin push up ada kemungkinan tubuhnya menjadi lebih langsing.

Manfaat Sit up
1.Latihan resistensi seperti sit up dapat meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh serta meningkatkan kekuatan otot seperti dilansir Livestrong.
2. memperkuat otot perut juga dapat memperindah bentuk tubuh .

Manfaat Loncat
1. Mengatur keseimbangan otak kiri dan otak kanan.

Nah itu dia sedikit dari banyak manfaat dari gerakan yang rutin gue lakuin di dalam kamar. Hasilnya memang efektif, setiap keluar kamar gue pasti mandi keringat, awalnya penghuni kost lainnya terheran-heran, tapi akhirnya mereka maklum, jadi apabila ada suara music yang keras dalam durasi tigapuluhan menit, mereka udah ngerti kalau gue lagi olah raga.

Bahkan sangking hafalnya, setiap gak kedengeran musik keras pada jam tertentu , mereka malah nanya? “Loh, hari ini gak ada push up nih?! Ha ha ha

dan ternyata olah raga yang gue jalanin yang berduarasi hanya tiga puluh menitan itu, juga di anjurkan beberapa penelitian, misalnya :penelitian dari korea, yang menguji mahasiswa perguruan tinggi , sebagian berolah raga tigapuluh menit, yang lainnya lebih dari tigapuluh menit, hasilnya tetap sama, yang lebih dari tiga puluh menit tidak jauh lebih baik, baik dari segi fisik maupun mood atau perasaan.
Kuncinya bukan pada durasi, melainkan keteraturan, bahkan dianjurkan berolahraga lah secara teratur tiga sampai lima kali dalam seminggu.

Dan oh ya, beberapa penelitian juga menunjukan bahwa olah raga tigapuluh menit setiap hari, tidak saja baik buat fisik, tapi juga psikologi. Olahraga bisa menghilangkan stress dan menambah mood, yang ini juga bener, buktinya, setelah olah raga , gue lebih bersemangat dan berkonsentrasi dalam menulis.

Jadi itu dia, hidup sehat, tubuh ideal *yang ini belum sih, lagi jalan kesana ha ha ha) tidak selalu harus dengan cara mengeluarkan biaya, atau harus mengalokasikan waktu khusus , yang penting ada kemauan

Salam sehat!! lolz

Komentar

Postingan Populer