TIPS FOOD PHOTOGRAPHY SEDERHANA


Sama seperti memotret manusia yang kualitas keindahan gambarnya ditentukan oleh faktor photogenic sosok orang yang akan di poto, memotret makanan atau food photography juga sama. Umumnya makanan tradisional Indonesia yang kaya bumbu dan bahan dan juga dimasak pada tingkat kematangan sempurna cendrung lebih sulit diphoto bila dibandingkan dengan chinese food dan western food.

Western food cendrung didominasi oleh satu bahan utama dan tidak terlalu kaya rempah sehingga lebih gampang untuk mendapatkan tesktur, warna, pada makanannya. Salah satunya adalah yang saya photo berikut ini, Spahetti Lafonte pronto. Tetapi sebelumnya simak dulu tips food photography yang disusun oleh Andreas Matondang dari NioPhotography.

Berikut beberapa tips untuk food photography sederhana yang bisa anda praktekan.

1.Cahaya
Cahaya adalah kunci utama keberhasilan memotret makanan, entah itu dengan kamera profesional atau handphone. Sumbercahaya bisa didapatkan langsung dari matahari (Aveliable light) atau lampu dirumah kita, atau juga lampu led. Hindari memotret makanan dengan lampu flash secara langsung, karena akan menimbulkan bayangan (shadow) yang cukup keras.

2.Food stylish
Tujuan foodphotography atau poto makanan adalah membuat orang yang melihatnya tertarik dan ingin mencicipi  makanan tersbut. oleh karena itu, estetika dan keindahan makanan adalah hal yang tak bisa diabaikan, oleh karena itu tatalah makanan yang akan anda photo sebaik mungkin.

3.Color and texture
untuk mendapatkan warna texture yang baik pada makanan ada kalanya makanan jangan dimasak sampai matang, misalnya sayuran cukup dimasak setengah matang saja.

4.Less is more
Masi berhubungan dengan food stylish, dalam menata makanan, berlaku prinsip less is more, artinya jumlah makanan yang disajikan sedikit saja, karena  jumlah yang sedikit akan terlihat lebih indah dan menggoda dibandingkan bila  menuangkan porsi yang banyak, akan kelihatan kenyang sebelum mencicipinya.

5.Properti
Untuk memperindah poto makanan jangan lupa menggunakan properti, buat pemula anda bisa menggunakan properti yang ada dirumah, seperti talenan, serbet, botol kosong dan lain-lain. 

6. Jangan pernah bosan mencoba, taste dan skill hanya bisa didapatkan dari praktek dan pengulangan.

Selamat mencoba!

SPAGHETTI LAFONTE PRONTO










Komentar

Postingan Populer