NASI T.O (Nasi tutug oncom)



Nasi Tutug Oncom atau sering disingkat Nasi T.O  adalah makanan yang dibuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar. Kata tutug dalam Bahasa Sunda artinya menumbuk,  Proses mencampuraduk dan menumbuk oncom inilah yang menjadi nama makanan khas Tasikmalaya ini. 

Walau tergolong kalah pamor dengan pecel lele yang tenda penjualanya hampir terdapat disetiap persimpangan jalan, tidak berarti rasa nasi tutug kalah mantap. Disajikan pada saat hangat, bersama lalapan, tempe goreng, ayam presto atau ikan bawal presto membuat siapapun tak kuasa menolak kelezatannya, apalagi tersedia dua jenis sambal, sambal merah atau sambal hijau yang pedasnya cukup mengigit. Berbeda dengan sambal pecel lele yang cita rasanya diwarnai terasi, sambal nasi tutug justeru terasa lebih asli, pepaduan sambal dan bawang merah.

Kemarin Andreas matondang admin jajanpedia dan juga pemilik niophotograph berkesempatan mencoba  nasi TO dan menyajikannya dalam bentuk photo berikut.

Penampilan nasi T.O, lengkap dan mantap
 
 Tersedia dengan lauk utama berupa ikan bawal goreng atau ayam goreng presto.
Salah satu penentu kelezatan nasi T.O yaitu sambal kasnya, tersedia dalam bentuk sambal merah atau sambal hijau
Nasi tutug oncom, campuran oncomnya menambah kegurihan nasinya terlebih ketika disantap ketika hangat. mantaaap!!

 

Bagi anda pengusaha kuliner yang ingin mendapatkan liputan dan dokumentasi menarik dari jajan_pedia dan niophotograph, bisa menghubungi Andreas Matondang di:
email: matondank.82@gmail.com
instagram: jajan_pedia

#JAJANPEDIA #NIOPHOTOGRAPH #MATONDANK #ANDREASMATONDANG #JAJANPEDIA #NASITO #TUTUGONCOM #INDNESIANCULLIANARY #FOODPHOTOGRAPHY #TASIKMALAYA #JAWABARAT #KHASTASIK 

Komentar

Postingan Populer