Andai



Andai



“Silahkan pak!! katanya sambil nyodorin sebuah sticker ke gue di depan pintu halte keberangkatan bus PRJ-MONAS. Segerombolan ibu-ibu bermental gratisan yang penasaran tuh orang ngasi apa ke gue, engga mau ketinggalan dan bilang “bagi mas.. kita belom kebagian loh!! Keruan aja tuh simas senang banget dan antusias ngebagiin sticker yang dia pegang.

Setelah gue perhatiin, stickernya bagus, desennya menarik, ada tulisan selamat ulang tahun Jakarata. But.. wait a minute, what the Duck?? Gue baru nyadar tuh sticker, hampir setengah gambarnya di isi sama poto Om kumis yang lagi tersenyum narsis . Gue jadi nyadar kalo nih sticker kampanye terselubung dari gurbenrur ternarsis sejagad.

Kenapa gue bilang ternarsis sejagad? Coba dah elo perhatiin baliho-baliho advertising yang lagi kosong di pinggir jalanan ibu kota. Kalo dulu baliho kosong itu, selalu diisi dengan pesan masayarakat, atau gambar bunga atau something yang indah-indah lah, tapi sekarang berubah, hampir setiap baliho advertising yang nganggur, isinya om kumis yang tersenyum Narsis.

Bukan bermaksud apatis atau sinis, hanya mencoba berpikir logis. Udah tiga tahun lebih Om kumis jadi gurbernur Jakarta. Apa hasil signifikan yang udah dikerjain??? Umm.. keknya gue perlu waktu yang lamaaaaaaaaaaa buat ngernung, apa hasil yang udeh di kerjain Om yang satu ini. Hampir semua kebijakan yang dibuat sama sekali engga ngegambarain prestasi dan kemampuan seseorang yang punya gelar akademik di bidang tata kota.

Trus yang bikin gue miris, beberapa hari lalu sempat baca artikel di Koran tentang Pak kumis, yang judulnya bikin miris. Untuk menghindari macet, warga Jakarta di sarankan menguarangi pembelian kendaraan baru.

Wew.. anak Tk juga tau hal itu, tapi dia mestinya nanya dong, kenapa orang-orang bela-belain beli kendaraan. Yang tidak lain dan tidak bukan karena moda transportasi di Jakarta yang jauh dari nyaman. Contoh sederhana: Bus Tranjakarta yang di jagoin sebagai solusi transportasi, bahkan di jadiin salah satu ikon Jakarta, Sangat sungguh menyedihkan.

Masak bus yang engga pake setoran itu, tabiatnya sama kayak bus patas regular lainnya. Misalnya: Jadual keberangkatan dan kedatangan yang amburadul. Sekali dateng, bisa enam bus beriringan. tapi habis itu, bisa setengah jam lebih kaga ada yang nongol.

Hasilnya, waktu tunggu di halte yang udah kayak kandang kambing, *karena di pasangin tali antrian terbuat dari tali yang biasa di pakai buat ngiket kambing Qurbaan, plus suasana yang pengap dan panas jadi jauh lebih lama. Belum lagi kapasitas angkut yang selalu saja over load. itulah sebabnya gue ogah naik bus Transjakarta, kalau enggak kepaksa banget.

Bahkan sangking stressnya naik bus saban hari, gue bela-belain kredit motor, satu hal yang gue yakin di tempuh oleh kebanyakan orang-orang di Jakarta. Belum lagi banjir yang udah kayak even tahunan, trus administrasi super korup. Aje gile, masak bikin KTP gue kudu bayar 350 rebong??

Jadi menurut gue, engga ada alasan buat Om kumis buat tetap eksis dan narsis jadi gurbernur lagi. Makanya, begitu ngeliat gambar Om kumis di sticker, gue jadi ogah dan tuh sticker gue buang gitu aja.

Memang bulan ini udah mulai pra kampanye a.k.a bulan promosi. Sepanjang jalan, gue mulai ngeliat tampang-tampang yang gue engga tau dan ga kenal, tersenyum narsis di setiap sudut jalan ibu kota. Engga lupa tuh orang nampilin title, sampai jabatan tertentu, pada ormas-ormas tertentu, yang setau gue tuh ormas engga ada faedahnya buat masayarakat.

Melihat tampang-tampang narsis mereka, gue jadi mengandai-andai menjadi pengusaha sablon!! Kenapa? Karena dengan menjadi pengusaha sablon, gue punya modal dan kemampuan buat nyetak poto gue tersenyum narsis, buat di pajang di sepanjang jalan-jalan besar. Juga sekalian nyetak kaos yang ada gambar gue tersenyum narsis juga, dengan catatan, tuh kaos punya desen yang lebih manis dan bahan yang lebih beradab, ketimbang kaos pilkada umumnya.

Gue yakin, gua bakal kepilih jadi Pengganti Om kumis. Karena faktanya, selama ini masyarakat di perhadapakan pada pilihan sulit bin minus. Calon dan Pemenang pemilu sering kali bukan dikenal dari hasil karya dan dedikasi mereka pada masyarakat. Tapi jumlah, Volume dan berapa lama seseorang itu kuat majang spanduk dan nyebarin poto-poto narsis mereka, plus jualan janji-janji manis tentu saja.

Tapi sayang… gue bukan juragan sablon yang punya uang se kebon. gue hanyalah supervisor kelas teri, dengan toko super mini, yang hanya bisa bermimpi punya Gurbernur atau pemimpin, yang punya Visi untuk berbakti membangun negri dengan hati. Ya… seenggaknya sekelas almarhum Opa Ali sadikinlah, yang tetap di kenang sampai kini,Sebagai pribadi berkualitas tinggi yang punya Visi juga nurani.

Akankah???

Komentar

Postingan Populer