cooking for Love 3#




Akhirnya bahan utama: potongan udang dan cumi di masukkan, tapi terlebih dahulu bumbu-bumbu yang tadi ude dimasukin Jacky seperti cabe, lengkuas, jahe dan tentu saja “daun jeruk “ yang masuk sebelum waktunya itu, di ambil dan di keluarin lebih dulu. biar ntu kuah steril dari bahan-bahan yang udah enggak di butuhin. soalnya bukan apa-apa, kalau tuh bumbu yang masih dalam bentuk potongan-potongan besar di biarain, yang ada wadahnya penuh, dan pas mo nikmatin tomyamnya pun jadi kurang nyaman.

Kesimpulan: dalam mencapai tujuan akhir, seringkali kita di pusingkan oleh hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu penting, yang menyita waktu juga pemborosan energi.

Nasehat: belajar memilah, merelakan dan melepaskan beberapa hal dalam hidup kita, yang walaupun kelihatan penting, namun tidak essensi, karena hanya dengan cara itulah kita dapat lebih fokus kepada tujuan utama kita.

Setelah itu potongan –potongan bumbu di singkirkan, proses masak di lanjutkan, butuh waktu memang, sesekali gue ngamatin tuh potongan cumi dan udang, yang mule kelihatan kemerahan. Setelah mengira-ngira waktu yang pas, ini saatnya gue masukin jamur kancing yang ude gue belah empat tadi. Sambil sesekali ngaduk gue mule nyobain kuahnya. Hmm… masih hambar, ternyata garam yang gue kasi sebelumnya engga nendang.

Sempat panik karena ternyata kecap ikan yang mestinya menjadi salah satu bumbu pelengkap ternyata kosong, sempat debat dulu sama Ajong yang ngotot mau masukin “Angciu” sebagai penggantinya. tapi setelaah melewati perdebatan antara Jacky dan Ajong akhirnya kita milih kecap asin, secara angciu itu lebih masuk ke jenis asam-asaman atau sebangsa cuka masak.

Karena engga terlalu yakin sama lidah gue, juga sekalian buat make sure kalo bumbu dan rasa kuah atau kaldunya udah dapet, gue minta Jacky nyobain kuahnya. “hambar… parah loe.. katanya sambil masukin beberap sendok lagi. ” Ah yang bener loe Jack, kok masukinnya banyak banget? Mau buru-buru kawin kali lo ya? demen yang asin-asin. “Enggak kok, memang masih kurang ini kata Jacky, sambil nambahin sesendok lagi.

Engga lamaan Juli masuk dapur lagi,. “oh ia Jul… sebagai ahli dapur nih, coba nyicip dulu Jul, kan udah terbiasa didapur.. pinta gue. Trus Juli ikut nyicipin ternyata memang masih kurang. setelah garamnya pas. “ sekarang masukin cuka… “loh kok elu nambahin cuka? Masi kurang asam yas..kata Jacky. Ternyata 5 buah jeruk nipis yang tadi ude gue peres masi kurang juga. Jadi mau ga mau, tuh cuka masuk juga.


Kesimpulan: walupun Idealisme adalah salah satu ciri orang yang memilki kepribadian, yang tentunya harus di perjuangkan, tapi ingatlah… IDEALISME akan kehilangan arti bila orang lain tak bisa merasakan manfaatnya.

Nasehat: Belajar, dan berilah kesempatan kepada orang lain, untuk melihat apa yang anda lihat, merasakan apa yang anda rasakan. Karena dengan demikanlah lahirnya pemahaman.


Setelah lamaan dikit gue ngeluarin salah satu potongan jamur yang tadi ude gue masukin. Udah mulai mateng, walau berasa masi kurang layu. Tapi karena ngeliat cumi dan udangnya yang udah mulai agak mengeras, gue ga bisa nunggu lamaan lagi, akhirnya. “udah bro… matiin nih kompornya gue minta tolong ke Jacky.

Alih-alih matiin kompor, Jacky malah sibuk buka rice cooker, setelah tadi sempet teriak-teriak nyari nasi. Jacky langung nyendokin nasi kepiring sambil ngomong “tenang yas.. kita take dolo nasinya, katanya bersemangat.

Ajong penuh antusias ikutan nyendok nasi, entahkah kedua orang ini kelaparan atau lebih kepenasaran tapi mereka antusias banget. Beda sama Harry dan Juli yang biasa aje, soalnya masih kenyang sehabis pulang kondangan keknya

Disaat Ajong dan Jacky sibuk makan, gue sibuk nyiapin sebuah mangkok, kemudian nuangin Tomyam, dan mule mencoba menata tomyam supaya kelihatan rapi dan wuah, seperti gambar-gambar di internet itu loh.

Dari reaksi Ajong dan Jacky yang mondar-mandir nyendok dan nyendok lagi, sepertinya memang tuh tomyam keknya enak beneran.

Dan akhirnya gue mutusin buat ikut nyicip.. ternyata …ummmm…. mantap beneran, menurut gue kuahnya bener-bener mantep, engga kalah sama yang di jual di mall-mall.

Tapi setelah gue nyobain udangnya, ternyata rada keras, gitu juga pas nyoba
cuminya, juga terlalu kenyal, it mean tuh udang dan cumi , udah kelamaan di rebus.
Tapi pas nyobain potongan jamurnya, memang sih udah mateng, tapi seharusnya lebih lamaan dikit lagi, biar bumbunya meresap dan cita rasa “tanah”nya menghilang.

Kesimpulan: engga peduli seberapa keras kita mencoba, tapi adakalanya apa yang kita lakuin enggak maskimal dan itu fakta yang ga bisa disangkal.

Nasehat: sungguh pun kita harus memilki ekspekstasi yang tinggi pada hasil, tapi belajarlah menerima kenyataan degan hati terbuka, karena kesempurnaan akan kehilangan harga, bila didapat tanpa sebuah proses dan pembelajaran.




But over all menurut gue udah oke kok. Satus sisi ada kepuasan tersendiri, bahwa akhirnya ekpressi perasaan cinta bisa di tuangkan kedalam semangkok tomyam, entahkah 171289 tau, atapun menyadarinya, terkadang menurut gue engga terlau penting.

Yang penting adalah, gue belajar untuk ekspressiin apa yang ada di hati gue, terlepas gue begitu banyak kekurangan, terlepas yang gue lakuin look like the silly thing. Tapi gue toh belajar banyak.

Gue mulai bisa memahami

Bahwa cinta tidak hanya sekedar memberi pada pasangan kita, tapi juga bagimana kita memberi pada diri kita sendiri melalui pemberian itu sendiri.

Bahwa ketidak sempurnaan berbicara kesempatan, karena hanya degan “ketidak sempurnaan” itulah kita bisa menjadi bagian dan pelengkap .

Bahwa setulus, sesempurna apapun kita menyukai seseorang, kita harus belajar menerima kenyataan bahwa segala usaha kita belum tentu berkenan buat orang yang kita sukai.

bahwa orang yang kita sukai bukanlah malaikat yang sempurna, yang akan bisa mengerti dan memenuhi segala harapan kita.

Setelah selse menikmati Tomayam, gue, Jacky, Ajong pamitan, walaupun dengan sedikit perasaan tidak enak, secara dapurnya Harry berantakan kayak kapal pecah. Di tengah jalan Jacky ngomong sesuatu

“yas…. Gue sakit perut nih, gara-gara kekenyangan… inidalah salah satu kalimat “terkeren” yang pernah di ucapin sobat gue ini. Secara seumur-umur bersohip, gue belum pernah deger nih orang ngeluh sakit perut kekenyangan, tapi sakit perut karena magh…. L.A.N.G.A.N.A.N -.-“

So.. bisa nebak kan, selezat apa tomyam yang gue buat??


Penasaran??

Komentar

Postingan Populer