cooking for Love


Semua berawal pas gue masih Smp, suatu hari mahasiswa Alkitab yang lagi magang di gereja yang lebih sering di sebut “pengerja” atau sering juga kami panggil kakak..eh, tante, maen kerumah gue. Pas banget saat itu gue lagi nyuci piring, trus si tante bilang: “aduuh.. Andra rajin sekali, tante pengen deh nanti kalau punya suami kayak Andra.. yang engga gengsi urusin dapur.

Entahlah tuh kakak, eh tante tulus beneran, atau hanya sekedar naikin tensi kebanggaan gue aja, tapi entah kenapa semenjak itu gue merasa, kalo gue sebagai cowo bisa masak pasti berpredikat cowok seksi di mata cewe-cewe.

Any way sebenernya tante itu salah, secara gue masak dan beres-beres dapur dibawah tekanan nyokap. “oh tante.. I do it bukan karena ketulusan hati, tapi di bawah tekanan .

Back to the topic. Cowo bisa masak = seksi di mata-cewe seolah menjadi keyakinan dibalik alam bawah sadar gue. Jadi ketika gue lagi jatuh cinta pada seorang gadis.. lets call her 171289 yang walaupun gue ude ngeluarin segala cara, tapi tetap nolak gue degan cara sadis *seenggaknya menurut gue pribadi, secara pasti banyak juga cowok di luaran sana yang di perlakukan lebih kasar oleh cewe gebetan mereka (menghibur diri).

Jadilah gue kepikiran buat acara nyatakan cinta lewat masak, supaya lebih keren gue namain “cooking for love”. Ini di sebabkan hasil investigasi gue selama ini menunjukan kalo 171289itu hobby banget makan. Lah.. lagian mana ada cewe yang ga suka makan?? mostly lah... kalopun ada yang enggak, paling lagi malu2 atau jaga image *hey girl.. ^^V

Bersyukur pada Mr Harry yang ude nyanggupi permintaan gue buat “ngancurin” dapurnya. secara sebagai anak-kost-kostan nan hidup di peratauan , gue engga punya dapur. lagian gue udah terbiasa di masakain… dimasakin sama embak atau ibu warteg maksudnya.

Jadilah pada hari “H” yang paling menegangkan buat gue. ini adalah hari dimana gue akan mengekspresikan rasa tulus nan suci tiada bercelah dan bercacat lewat masak. *lebay.
Dari semua jenis masakan, gue milih buat masak “Tomyam”, alasan gue masak makanan khas Thailand ini, karena masakan ini sangat merespesentasikan perasaan orang yang lagi jatuh cinta. Karena ketika orang jatuh cinta, perasaanya bercampur aduk seperti : Seneng engga keru-keruan, sedih tanpa sebab, cemburu tanpa musabab, dan cemas enggak jelas.

Percis bagetkan sama rasa tomyam yang rame?! gabungan rasa gurih, asin ,asam, pedas. So that’s way gue milih masak tomyam, walupun sebenernya ada juga masakan indonesia yang hampir sama, yaitu: “sayur asem”. tapi masak ia gue ekspresiin perasaan pake sayur asem?? -.-“

Setelah pulang kerja hari sabtu jam 2 siang, gue langsung ke rumah Harry. Tapi sebelumnya gue singgah di salah satu supermarket, buat belanja bahan masakan. Laiknya seorang emak-emak, gue sibuk mondar-mandir di bagian sayur-mayur, sambil bawa-bawa keranjang merah - . -“ . Gue mulai milih-milih dan coba mengingat-ingat bumbu masakan yang di saranin oleh sebuah artikel yang habis gue donlod dari internet kemaren. Maklum, sangking semangatnya gue jadi lupa bawa printnan list bahan masakan karena ketinggalan dalam tas di tempat penitipan.

Sejenak gue larak lirik, mengamati ibu-ibu belanjanya gimana. ternyata kalo sayuaran a.k.a bumbu-bumbuan itu engga kayak kita beli indomie, yang harganya udah satuan. Tapi ini kudu dimasukin ke kantong plastik dulu, trus di timbang, di kasi barcode baru bisa di bawa kekasir. Hal ini juga yang bikin gue di suruh kasir bolak-balik ke tukang timbang karena bererapa bahan yang gue ambil ternyata belum di barkode atau di timbang, walaupun memang udah bungkus.

Dan ternyata.. engga semua bahan yang gue mauin itu ada di super market yang gue kunjungin, hal ini maksa gue buat hijrah ke satu supermarket lainnya, yang jaraknya engga bisa di bilang deket. Akhirnya selsese sudah, walaupun tuh bahan engga komplit 100% seperti yang di saranin internet ,tapi mending lah, berharap beberapa bumbu yang ga ketemu, tersedia di rumah Harry.

Begitu nyampe di rumah Hary, kita ngobrol-ngobrol bentaran, secara sang tuan rumah baru pulang dari kondangan. Baru setelahnya kita memulai aksi. Harry nyiapin kamera handphone untuk keperluan “board cast” super sederhana bin alay, terus gue mule intro ala koki kayak di tipi –tipi itu, dan langsung beraksi.

Pertama-tama kupas udang yang adalah bahan utama… oh man, jangan percaya sama tipi-tipi, yang ngegambarin ngupas udang itu hal yang gampang, dibutuhkan kesabaran, dan ketelitian, dan anehnya tuh kulit udang tajem atao beracun kali ya, soalnya tangan gue sempet perih tanpa sebab.

Dan gue juga baru nyadarin, walaupun kita belanja di supermarket, kita mesti jeli juga dalam memilih, secara ada beberapa udang yang ude ga terlau fresh pas di kupas a.k.a ude lembek. Padahal ibu-ibu di depan gue yang tadi beli udang itu, kelihatan asal main serok aje. Ternyata sebagai emak-emak dia ude punya teknik tersendri buat mastiin udang yang seger aja yang masuk, walupun sepintas kelihatan asal nyerok.

*kesimpulan
Jangan percaya pada apa yang anda lihat, seringkali apa yang kita lihat, tidak seindah atau segampang pada kenyataan.


Nasehat: jangan terlalu mudah menyimpulkan sesuatu, atau mengeluarkan statetment, kalau kita sendiri belum pernah menjalankannya. Ungkapan bahwa penonton akan selalu lebih pintar dari pada pemain, itu benar-benar berlaku.
Kuntiniu

Komentar

Postingan Populer