saturday journey

TheSaturday Journey

Langit biru bersaput awan putih tipis, semilir angin mengalir dan menari, diantara gedung-gedung usang, buaiannya seolah menghapus ganasnya panas matahari di siang yang bolong, sungguh siang yang sangat cerah dan indah, tapi.. eh buseh… apa-apan ini??


Ha ha ha... keruan aja gw ke inget sama polemik beberapa bulan yang lalu, dimana ada pro dan kontra seputar pencabutan film-film Hollywood di Indonesia.Yang pro adalah mereka yang “merasa” nasionalis, dan berpendapat ini waktunya Perfiliman Indonesia jadi tuan rumah di negri sendiri. Dan yang Kontra adalah mereka-mereka yang ngeri melihat kualitas film-film buatan Indonesia, percis kayak gambar di mari.

Setdah.. gue sendiripun kalo di kasih tiket gratis buat nonton pilem ginian, ogah… gue merasa buang-buang waktu berharga gua ,(*padahal siapa juga yang mau nawarin). dan lagi, nonton pilem kualitas sinetron geje kayak gini gue merasa jadi anak kecil yang di bego-begoin. Mana temanya seragam ,segambar, sejenis lagi yaitu: horsex . Cuman judulnya doang yang di bolak balik : misalnya, Pocong rasa ayam, pocong rasa soto, pocong goreng tepung, atau ditambahin pocong saos kuntilanak de el el. Jadi wajar aja, banyakan yang Kontra ketimbang yang pro.

Bei de wei, gue sebenarnya ga niat buat ngebahas pilem horsex dan polemiknya, cuman karena gue ngelewati nih bioskop pas mau ke tempat makan experimental gue. Yaitu kumpulan warung nasi kapau yang berada di sekitar perapatan jalan senen raya, percis di samping bioskop Grand theater yang di jadiin tempat buat nempelin baliho pilem-pilem horsexini, nah warung nasi kapaunya sih agak sanaan dikit.

oh ia, katanya dulu bioskop Grand theaterini adalah salah satu bioskop yang paling bergengsi dan T.O.P di Jakarta, tapi seiringnya waktu, nih bioskop seolah mati segan hidup tak mau. Denger-dengersih nih bioskop masi beroperasi, tapi khusus nayangin pilem-pilem Horsex taon 90an, masih kabaranya juga, nih bioskop jadi tempat pelacuran terselubung. Miris juga ngebayanginnya: yang dulu termegah dan T.O.P sekarang jadi sarang prostitusi terselubung.

Palajaran yang gue dapet adalah: sebesar apa dan terkenal apapun kita, bila kita tak mampu mengikuti perubahan zaman, maka kita akan menjadi bagian masa lalu. Lebih sederhananya: Berubah atau menjadi bagian masa lalu.. lol

Nah, begitu ngelewati bioskop grand theater, gue langsung di sambut sama deretan warung nasi kapau di sepanjang jalan.

Jangan harap tempatnya nyaman, ini bahkan jauh dari nyaman. Mereka hanya terdiri tenda-tenda yang didiriin di trotoar dengan menu hidangan segaban terpajang, yang siap narik air liur siapa aja yang lagi lewat.

Gue langsung ke tempat nasi kapau yang minggu kemaren, sama kayak kemaren, mereka masih baru buka dan lagi beres beres.

“Makan disini?? Kata seorang bapak dengan logat padang yang kental
Ia da.. kata gue sok orang padang,
Si bapak dengan cekatan langusng nyendok nasi dan sayur
“ lauknya apoo?? Katanya lagi..
“Itu apaan dak, kata gue nunjuk ke piring besar yang diatasnya terdapat bongkahan daging kecoklatan rada besar-besar.
Itu bebek.. katanya
“ia da.. saya pake bebek saja, kata gue terus langsung milih tempat duduk , sementara si Uda denga tangkas nyiapain pesanan gue.

Dalam tempo beberapa menit, hidangan udah tersaji di meja gue, lengkap kobokan dan tehtawar. Sepintas gue perhatiin bongkahan daging yang ada di piring bentuknya mirip paha ayam. Lagian seumur-umur makan bebek di Jakarta, belum pernah tuh gue ngeliat paha bebek segede itu.


Tapi begitu nyicip gigitan pertama…aaaah.. gue langsung bisa ngambil kesimpulan kalau itu memang daging bebek.
Tekstur daging dan rasanya yang rada manis, bikin gue terbuai kekenakan. Beda sama bebek Madura atau pecel bebek atau bebek yang lainnya, yang cendrung kurus dan a lot. Nih bebek bener-bener empuk…
Di tambah racikan bumbu kecoklatan yang khas, ngebuat gue makin melayang. Ajib nih bebek.. gue mambatin. Hmm..rasanya engga kalah mantap sama telor ikan yang gue santap disini sabtu lalu.

Tapi kenikamatan gue sedikit tergangu gitu ngedenger harganya:
“Berapa dak?? Si uda yang ngelayani tadi diem aja, secara dia lagi sibuk ngelayani tamu yang mendadak ramai. Oh ya, kebanyakan yang makan di mari datang secara bergrombol, entahkah itu keluarga, atau rombongan emak-emak pulang arisan seperti yang lagi di layani si Uda.

Gak lamaan salah atu anggota si uda nyamper gue, terus bilang: “ semua Tiga puluh satu ribu…. Asataga naga!! gue kaget bukan main, ternyata harganya mahal amir, beda sama telur ikan, yang gue pesan hari kemaren, yang walaupun ukurannya segede kepalan tangan, cuman kena: limabelas rebo!!

Tapi buru-buru gue menghibur diri, secara daging bebeknya memang mantap, bumbu oke, lagian harganya engga semahal bebek peking yang ceking yang katanya bisa sampe ratusan rebu itu. Ya sudahlah, lagian kalau habis makan, terus menggerutu takutnya engga jadi berkat. Tapi begitu bayar, gue janji dalam hati minggu depan gue pindah lapak aja dah.

Selese beburu makan di warung kapau, gue balik kost, terus sambil rapi-rapi kostan gue ngebo bentaran. Tapi apa daya, bangunnya kelamaan. Padahal gua udah niatin kalau jam 4an mo lari sore ke monas .

Sempat dilema, pergi atau kaga, tapi gejolak jiwa yang kadung pengen lari diMonas udah membara, gue tetep kekeh ke monas padahal udah: jam 5.20 sore

Dengan sepatu kets butut sama celana pendek dan kaos yang dari kemaren belum dicuci, maklum masih menganut philosopi anak Kost: Kalau nyuci baju, nunggu kotor sekalian.

Jam 5.35 gue mulai jalan dari kostan, tapi yang namanya Jakarta, walau hari weekend, tetap aja kena macet.


Waktu efektif Kost ke Monas yang mestinya cuman 15 menitan molor jadi 30 menit. Belum lagi parkiran Monas yang bejibun sama motor.

setelah nunggu antrian, akhirnya gue kebagian parkiran juga, setelah markiran motor gue langsung masuk ke Monas, tapi niat lari sore gue sirna sudah. Secara Monas udah di sesekin sama pengunjung yang entah dari mana. Monas jadi lautan manusia, padahal di monas engga ada dangdutan, atau resepsi nikahan siapa gitu.. tapi tetap rame banget.



Tingkah orang di maripun banyak macam, ada yang sibuk jualan tiker dua reboan yang terbuat dari terpal, tukang kopi, tukang pecel, layangan, tukang pijit dan maenan, pengunjungnya pun banyak macam,dari tua dan muda, modis katro, yang niat rekreasi ampe yang niat mesum kayak dibawah-bawah pohon remang ada…pokonya rame dah.

Perasaan gue sempat tergelitik ngeliat satu keluarga yang lagi asyik foto dengan back ground Monas, si Bapak pake baju batik rapi dan modis kayak orang mau kondangan, si ibu enggak kalah modis, nah si anak ude kayak potograper professional motion tuh bapak emaknya, yang bikin lucu, si emak senang banget bergaya sambil gandeng tangan si bapak, eh si bapaknya malah kikuk, gabungan antara gengsi, tapi pengen..hasilnya si bapak dan siemak malah kayak orang musuhan. ha5

Setelah capek muter-muter, akhirnnya gue kebelet buang air kecil, langsung dah menuju salah satu toilet mobil yang lagi parkir disitu. Begitu masuk sempat terkesan, soalnya beda dari yang sudah-sudah, nih tolilet bersih banget. Begitu selese gue keluar dan di sambut si penjaga Toilet, gue tersenyum dan dia ngangguk.

Begitu jalan sekitar 10 meteran gue noleh, semua orang yang habis keluar dari toilet di tagihin duit.. lah, tiba-tiba aja gue berasa kurang enak, berasa maling… lah maling kok seceng?! Trus gue samperin tuh si penjaga: bayar ya pak?! Kata gue sambil ngasi serebuan, si penjaga cuman ngangguk gugup.

Gue sempat bertanya-tanya, kenapa tuh orang gugup dan ga nagih duit Toilet?! Begitu mo pulang gue duduk di motor dan ngebenerin sepion, “oalah.. ternyata, gue baru pangkas rambut, dan gaya rambut gue cepak.. plus..kaos yang gue pake ijo khas militer punya. Gue baru mudeng, kalau tuh orang salah tingkah karena ngeanggap gue tentara.. ha ha ha ha.

Komentar

Postingan Populer