A.N.J.I.N.G 2#

a Journey From vacation

Begitu nyampe di kapal, bener aje, tuh Eo kita kesiangan kuadarat, secara kapal yang kita naikin udah penuh, seperti yang sudah-sudah. gue selalu berusaha naik kelantai dua, selain lebih adem karena bakal kepapar sama angin, juga efek benturan ombak agak berkurang, jadi rekomended buat mereka yang mabok laut.

Tempat-tempat strategis , yang bisa buat nyender didinding kapal udah penuh, mau gak mau, gw sama beberapa teman serombongan yang ikut gw duduk di tengah kapal, yang no senderan. cuman tas dan barang bawaan kita tumpuk jadi satu, buat di senderin.
Memang kendala wisata ke pulau tidung memang yang satu ini, moda transportasinya kurang nyaman, kalau pun ada yang nyaman harganya gila-gilaan.. noh, naik kapal cepat dari ancol!!

Baru aja gw selese rapi-rapiin tas bakal nyender, bak sebuah mimpi, si bulu mata dan rombongnnya juga naik kapal yang sama dengan kita, dan yang paling bikin gue kaget, si bulu mata dan rombonggannya duduk di depan gue, dan yang paling bikin kaget lagi, si bulu mata duduk percis depan idung gue. *emang idung bisa didudukin ya?

Cuman masalahnya, kita duduknya sama-sama ngadep kedepan, jadi istilahnya gue di punggungin, kalau enggak mau di bilang di pantatin.. *gak sopan

Jelas aja gw happy guling 7 keliling, coba agak legaan, mungkin gw udah guling-gulingan di lantai,. Sekitar jam 7an kurang, kapal udah mulai jalan. Pemandangan pinggir pantai indah banget, matahari ak.a Sunrise yang kemerahan seolah muncul malu-malu menyapa kita semua. angin bertiup sepoi-sepoi, dengan iringan lagu dari hand phone, plus si bulu mata yang duduk tepat di depan gue, menjadikan pagi itu menjadi salah satu pagi yang paling berkesan selama liburan.

Perjalanan dari Jakarta membutuhkan waktu sekitar 2 ampe tiga jaman, dan selama itu pula kita hanya sibuk saling melempar pandangan. gue hanya bisa mandangin dari belakang, sesekali si bulu mata miringin badan dan ngobrol sama temannya, sekalian memabala s lirikan gue. sesekali di noleh kebelakang kayak nyraiin sesuatu, dan gue berubah menjadi bocah lugu yang tanpa dosa menatapnya seolah kosong.

Tapi sebenarnya isi otak gue sibuk mikir strategi apa yang harus di lakuin biar bisa ngobrol sama si bulu mata, tanpa harus dapat cap crispy.

30 menit.. gue mikir.. 40 menit.. 60 menit.. dua jam.. hasilnya NIHIL!! yang gue lakuin hanyalah saling lirik tanpa bicara, berkali-kali gue coba tidur di kapal untuk melunasi hutang tidur begadang kemaren malam. tapi gak bisa. mata ngantuk, tapi pikiran dan otak tetep berusaha memproses ide supaya bisa ngobrol sama si bulu mata. ke siksa gak lo?? Satu-satunya yang bisa gue lakuin, cuman rebahan kebelakang. sesekali memadang ke laut luas sekitar, ngeliatin pualu-demi pulau kecil yang kita lewatin. semakin tersadar kalau Indonesaitu itu indah banget dan kaya banget.

Enggak salah Indonesia di sebut dengan Nusantara, gugusan pualu yang nyambung menyambung.
Perjalanan kali ini lumyan lancar.. omabaknya lumayan kecil dan stabil. jadi kit a udah nyampai di pulau tidung hanya dalam tempo dua jam lebih dikit.

Sementar Orang-orang udah mulai antusias buat turun dari kapal, kepoh ngumpulin barang bawaan, gw dan rombongan gue santai aja, kita diam bentar, nungguin kapal rada legaan buat di turunin. Sama, Si bulu mata yang duduk di depan gue nyaris tak beranjak.

Rasa penasaran gue semakin ke ubun-ubun. Gw pengen banget ngobrol dan manfaatin kesempatan gue yang kedua ini, tapi… lagi-lagi otak gue blank!! gw cuman bisa turun kapal ke dermaga bareng teman2 gue yang lain. Pas teman-teman yang duduk bareng gw sibuk nyari rombongan lainnya, gw tetep focus.. focus mandangin si bulu mata, yang sama juga lagi nunggunin teman-temanya yang kececer.

Begitu nyampe di darat kita langsung di sambut sama orange Eo yang udah nungguin sedari tadi, kita pun langsung dituntun ke tempat penginapan yang ternyata adalah rumah penduduk, yang udah di beresin bakal kita nginep selama di pulau tidung.
Dan untuk terakhir kalinya kita saling melirik, dan… hilang.

Begitu nyampai di penginapan, gue langsug lupain si bulu mata, lagian seperti kata pepatah: kesempatan tidak akan datang dua kali, kalaupun kebetulan datang dua kali itu tak mungkin tiga kali!! ya udah lah, mau di kata apa lagi. Setelah sempet leyeh-leyeh bentaran di penginapan , gak lamaan Katering yang adalah bagian dari paket tour nyampe. Hidangan pembuka: sayur sop isi leher ayam cincang, plus telor mata sapi kecap , dan tempe terasa lezat, walau sebenarnya rada hambar, secara kita udah pada lapar.

Habis makan , yang lain masih pada puyeng dan lanjutin tidur, gue dan dua teman yang lain, gue ajak langsung ke Jembatan cinta yang adalah trade mark dari pulau Tidung.
Masing-masing ngambil satu sepeda yang telah di peruntukkan buat kita sealama berada di pulau tidung.

Biasanya sepeda ini termasuk dalam paket penginapan. Sambil ngayuh sepeda bak Turis dadakan, kita nyusurin jalan kampung, menuju jemabtan cinta. dari tiga yang berangakat, cuman dua yang nyampe di jembatan cinta, yang satunya pulang karna belum terlalu lancar naik sepeda.

Puas maen kejembatan cinta, kita minum kelapa muda dulu, rasanya.. mantaap beneer. mata gue terasa segeeer lagi, Gak lamaan kita balik ke penginapan dan langsung berangkat lagi buat sesi dua, secara yang tiduran tadi udah pada seger semua.
Kalu kunjungan sebelumnyua gue rada takut buat ikutan tapi kali ini salah satu teman gue rela menjadi kompor dan menceburkan dirinya terlebih dahulu, ya udah lah .. lagian udah kadung janji..jadilah gue naik kejembatan cinta dan.. “Byur… gw nyebur.. kini lengkap sudah salah satu ritual most wanted ke pulau Tidung.

Siangan dikit, kita naik Banana boat, mungkin karena rada sepi, satu banana cuman kita naikin berempat. gue duduk paling belakang, setelah di seret speed boat kesana kemari, dan “ byur.. byur.. kita sukses di lelepin di tengah lautan sebanyak tiga kali. Bonus satu kali!! biasanya cuman dua kali loh. Udahannya, penasaran liat kano, ternyata harganya terjangkau, percis harga naik banana boat @ 45.000 perorang, tapi kalau kanoe. 45.000 unutk berdua selama sejam penuh.

Berbekal pengalaman arung jeram sekitar dua bulan sebelumnya di citarik, akhirnya gue dan Lukcy yang ada dalam satu kano, sukses menjadi juara pada putaran pertama, menyebrangi pulau Tidung Besar ke pulau Tidung kecil. tapi pada Putaran kedua, Pulau tidung Kecil ke Pulau Tidung besar, Kurniadi dan Johan yang udah tau rahasianya kita. Sukses menjadi juara. sedangkan cewe yang satu perahu yaitu, Risi dan Sarah, juga sukses.. sukse jadi team hore!!

Ada yang menarik pas naik kano, semakin dalam kedalaman laut yang lo lewati maka kecepatn lo kano lo semakin enteng, atau ringan, tapi semakin cetek air yang lo lewati, maka kano lo makin lambat, dan berat. dan harus hati-hati, gerombolan bulu babi siap menghampiri kalau gak hati-hati.

Puas maen kano dan berenang, kita mulihin stamina. Kita makan baso dan sekali lagi minun kelapa muda, harganya terjangkau dan gak beda sama di Jakarta, seporsi Baso kasti plus satu butir klapa muda cuman di kena 17 ribu doang.

Nah ini dia kelebihan dari wisata di pulau Tidung, harganya relative sama degan Jakarta, pedagangnya lumayan ramah, dan gak nakal. Atau gak suka getokin harga pada pengunjung. Mungkin tingkat kesadaran Pariwisata mereka udah tinggi kali ya?

Sorenya sebelum kita balik kepenginapan, di pandu oleh tour guide kita berkunjung ke pantai barat, yang ternyata jauhnya minta ampun. Mana jalanannya di penuhi pasir yang sering bikin sepeda jalan di tempat, tapi akhirnya nyampe juga. ternyata hasilnya mengecewakan engga ada apa-apa, tapi, seenggaknya bisa mengobati rasa penasaran lah, istilahnya asal udah tau aja. Eh, Tapi sunsetnya keren kok!!

Abis itu kita balik ke penginapan, mandi trus makan malam, sekita jam 9anan Tour guide kita nyamper dan ngajak kita buat jurik malam, yang kata gue lebih ke ekspedisi makam kramat.

Setiap kita mengang satu senter,…tapi kali in yang ikut cowo semua, plus cewe satu, soalnya yang lainnya pada ogah maen ke kuburan.
Dari penginapan ke Jembatan cinta kita naik sepeda gelap-gelapan, nah dari jemabatan cinta kita nyebarng ke Pulau tidung kecil yang enggak berpenghuni itu.
Aje gile, jauhnya minta ampun. Nyebarangin jembatan cinta aja udah panjang bener, di tambah lagi masuk ketenagh hutan..

Asli, suasananya dapet banget, rada angker gimana gitu. kalau ada produser yang bikin pilem hantu-hantuan, nih tempat feelingnya udah dapet banget. ga perlu lagi efek lighting murahan yang sering mereka andalkan itu.