A.N.J.I.N.G 3#




a Journey from Vacation

Setelah jalan menembus rimbunan hutan, dan menyusuri jalan super sempit, yang hanya cukup buat buat di lewatin satu orang saja. kita nyampe juga tuh di makam keramat.
Di areal itu cuman ada bagunan, berupa mushola kecil dan gubuk sang juru kunci yang kebetulan lagi tidak ada di tempat. Trus dua makam kramat, Kalau enggak salah, nama yang punya makam itu the Drak knight. eh salah, namanya : panglima hitam ding dan satu lagi makam tak di kenal.

di perjalanan, kita puas ngerajin si Lucky yang Phobia gelap, setiap kita matiin senter secara bersamaan, kondisinya gelap total, dan si Lucky ketakutan total.. ha ha ha *usil, Gak lama disana kita langsung balik, cuci kaki dan langsung tidur.

Besok begitu bagun pagi, sarapan dari katering udah nongol. Menu pagi ini: nasi goreng plus ikan dan potongan tempe. Rasanya wow… biasa banget!! Habis makan, kita langsung jalan. kali ini kita langsung kegiatan puncak acara, yaitu: Snorkling!!
Kita ditun-tun oleh Tour guide ke kapal yang udah siap sedia nungguin kita, peralatan Snorkling yang biasanya kita milih sendiri kali, ini udah di siapin tour guide .

Belajar dari pengalaman tahun sebelumnya, kali ini kita mutusin buat snorkeling di sekitar pulau Payung aja. Pertimbangnya , selain Pulau paying ini adalah pualu terdekat dengan ulau Tidung, juga kualitas karangnya masih baik bahkan terbaik di banding kan dari pada pulau-pulau lainnya.

Setelah menempuh perjalanan Sekitar 45 menitan dengan naik kapal kecil, kita pun nyampe di titik pertama . berdekatan dengan degan sebuah pulau kecil tanpa bangunan dan tanpa Pohonan, pure hanya pasir putih. gw jadi keingget pilem-pilem atau gambar-gambar kalender kepulauan di karibia, mirip..

Dewi yang adalah orang paling semangat pada Vacation kita kali ini, ternyata phopbia air, lebih mutusin turun kapal dan rela berpanas-panasan di pulau itu, sementara kita asik snorkeling kesana-sini. Titik pertama ini, kurang memuaskan, ikannya terlalu dikit, sekitar 45 menitan kita pindah ke titi lainnya , tapi nganrterin Dewi dan maminya dulu ke pulau Payung besar yang ada penghuninya.
Begitu nurunin Dewi dan maminya, dan juga Johan, yang ternyata mabok laut, kita balik lagi ke tengah laut yang agak dangkal.

Snorkeling sesi dua pun di mulai: kali ini, ikannya lebih ramai dan ramah-ramah, enggak sungkan-sungkan ngerubutin roti tawar yang yang kita pegang. puas bermaen-maen dengan air dan ikan, kita mutusin buat balik ke pulau Payung dan kitapun makan siang disana.





Ga beda jauh sama pulau Tidung, pulau payung yang juga jadi pulau persinggahan buat orang snorkeling, juga menetapkan tariff yang ramah bagi kantong.Menu yang gue makan juga sama percis, seporsi baso kasti plus sebutir kelapa muda cuman di kenai 17 rebu.

Nah.. pas lagi asik-asiknya nikmatin baso, tiba-tiba sebuah kapal yang berukuran klebih gedean dikit dari kapal kami merapat. Awalnya gw ga terlau ngeh.. secara kapal yang merapat ini juga adalah perahu yang tadi sempet papas an sama kita pas snorkeling tadi.

Tapi begitu penumpangnya turun satu persatu, gw baru nyadar ternyataaa…. salah satu penumpangnya adalah, adalaaah… : si bulu mata!! wow sure prise, engga tau kenapa senang aja liatnya, walaupun tetep hanya saling melirik. Kali in si bulu mata dan rombongnnya milih buat nongkrong di warung yang agak jauhan dari rombongan kita. Jadi sama sekali enggak bisa lirik-lirikan dah. Apa lagi kali ini dia sepertinya di kelilingi para pejantan di romobongannya.

Puas makan baso dan nikmatin kelapa muda, kita maen dekat pantai situ, sambil bernarsis gila, poto-potoan , pas asik-asiknya berfoto ria, sekali lagi si bulu mata dan rombonggannya nyamper kearah kita. Dan lagi untuk kesekian kalinya kita saling lirik melirik. *Bahaya nih bisa bintitan gue! pengen nyamperin tapi.. lagi-lagi gw ga punya keberanian, dan kata-kata yang tepat. dan lagipula dia ada diantara temen-temannya, ya udah pasrah lah mau di kata apa lagi.

Tapi yang bikin aneh, sementara teman-teman si bulu mata asik berfoto-foto sampai ke seberang, si bulu mata malah duduk di dekat kami yang sedang asik berfoto gila. Sebenernya ini adalah kesempatan yang paling emas, secara dia duduk cuaman beberpa meter doang dari tempat gue berdiri, plus para jantan-jantan yang sedari tadi mengelilinginya lagi pada lupa diri poto-potoan kayak banci di sebrang sana.

Si bulu mata cuman duduk sama seorang temannya, yang sempat nunjuk-nunjuk guwe pas kita papas an ke pantai barat kemaren. Lagi konsentrasi buat milih topic percakpan yang tepat, tiba-tiba : “Yas…. Kita jalan sekarang!! Temen gue teriak!! “asem…. Ya udah gw urungkan niat gw dan berjalan meninggalkan si bulu mata yang sedikit keheranan.

Setelah menyusuri pohon rimbun, gw nemu seeokor anjing hush puppies yang lagi di iket di sebuah tiang. Kali ini menurut gw penduduk pulau Payung rada songong, sejak kapan anjing Huspipies di jadiin jadi anjing kampong buat jaga rumah, setau gue anjing jenis ini selain harganya mahal juga di kenal sebagi anjing lucu-luan buat di gendong-gendong.

Rengekan kecilnya, dan matanya yang lucu seolah menyiratkan haus belaian, membuat gw tak kuasa buat nyamperin nih anjing, tapi begitu mendekat dan ngebelai-belai nih Anjing yang kegirangan, sambil jilat sana-jilat sini, dua orang anak kecil yang berdiri kejauhan dengan wajah ngeri berteriak teriak.. “ bang-bang.. jangan deket-deket, anjingnya galak!!

What?? Galak? Gue noleh lagi dan liat si anjing dengan mata innosencenya yang lucu, enggak ada kesan galak sama sekali, lagian hei… ini hush puppies bung!! Seumur-umur gue belum pernah baca artikel ada korban yang di gigit anjing hushpuppies.

Apapun alasanya, orang tua kedua anak itu telah berhasil menumbuhkan fear ilution yang efektif biar tuh anak gak maen anjing-anjingan.

Nah lagi asik-asiknya megang anjing, tiba-tiba si bulu mata jalan kea rah gue, dan dia.. dia…dia sendiri!! Ini adalah momen paling di lema sepanjang vacation. Dalam hati pengen maju dan ninggalin tuh anjing, make some move atau apalah, tapi sisi lain, kedatangnnya serba tak terpredikisi jadi jelas lah gue speacless. Tak mampu berkata-kata.

Sementara si bulu mata semakin mendekat, dan mendekat , gue cuman bisa terpana sambil mengangin tuh anjing yang mulai setengah liar, manjat-manjat ke bahu gue.
Siang itu, di bawah awan biru, d belai saputan angin lembut, aku baru saja membiarkan kesempatan keempat dan yang terakhir beralu begitu saja, berlalu di makan anjing!!! *puitis

Itu adalah kali terakhir gue melihatnya, sempat kepikir dalam hati, kalau nanti sampai ketemu lagi, apapun resikonya akn kuhadai, akan kuajak dia bicara.. tapi… memang itu bener-bener kempatan gue terakhir. ]

Melampiaskan kekecewaan gue, gue muter ke pantai sebelah mungutin keong kepiting yang di sebut penduduk lokal dengan sebutan Klomang, itu loh, keong bercapit yang biasa di jual sama abang-abang di SD-SD itu loh, dan baru kali ini juga gue ketemu dan ngambil langsung bintang laut. Karena ngeri kita nangkap pake kayu, lumayan dapat empat ekor ukuran sedang.

Terakhir gue baru tau, kalau kelomang itu adalah umpan yang ampuh kata penduduk lokal untuk mancing.
Malamnya setelah mandi dan beres-beres , kita di arahkan oleh tour guiede ke pinggir dermaga buat acara BBQan, bukan cuman kita doang, puluhan rombongan yang lain ternyata juga di arahkan ketempat ini, unutk nikmatin ikan bakar rasa hambar di mari. ya ialah, ngebakar ikan engga pake bumbu, gimana gak hambar.

Sembari yang lain nungguin ikan bakar, gue dan teman-teman yang lain asik mancing pake klomang yang boleh ngambil di Pulau payung tadi. Hasilnya= seekor ikan mini dan empat ekor kepiting angin. Cukuplah buat senang-senang.
Besoknya setelah sesi foto bareng di jembatan, dan kunjungan terakhir kita ke Jembatan cinta. kita pulang naik kapal sekitar jam 11an.



Over all, vacation kali ini memuaskan, walau pada akhirnya gw ga tau juga siapa nama si bulu mata itu, tapi liburan ini memang berkesan, dan untuk beberapa hal personally gue merekomendasikan pulau Tidung untuk lu kunjungin.



-End-

Komentar

Postingan Populer