ketika Gue menjadi Aye!!

Siang itu terik sekali, ketika aku memasuki sebuah gang yang sempit di sebuah perkampungan dekat rell kereta api. Beberapa brosur yang adalah modal jualan ku saat itu, laku laris manis di minta para penduduk yang bergerombol mengerubungiku.
Seorang ibu dengan baju daster, dan kunciran rambut kedepan bertanya pada ku:
“Bang..bang, yang ine sebulan kena 45 rebo ye??

“ Bukan nyak.. bukan 45 rebo, itu perincian cicilan mingguan, yang kalau….
Untuk kesekian kalinya aku harus menjelaskan maksud nominal harga produk yang tertera di brosur itu. Pihak management sepertinya sengaja menempel harga rincian mingguan pada gambar barang-barang elektronik tersebut. Karena degan nominal mingguan yang kecil dapat menarik perhatian dan calon pelanggan. Padahal system kredit hanya berlaku bulanan, bukan mingguan.

“Yeee.. itu mah sama aja bohong!! Trus kenapa ini di pasang harga seginian, mo boongin orang ye?? katanya kecewa mendengar penjelasanku.

Bukan nyak.. itu kan memang perincian mingguan doang, kata ku menenangkan.
Tiba-tiba seorang ibu lain menarikku , “mau nanya dong? Ini kreditnya susah gak? “Enggak nyak, enggak susah kok, kataku sambil mempercepat langkah mengikutinya ke sebuah rumah yang agak besar, tapi sedikit kumuh yang berada di ujung gang itu.
“Bener nih? jangan kayak kemaren, di janjiin mau datengin barang secepatnya, tapi kaga dateng, kata suaminya yang lagi duduk menikmati kopi hitamnya .

“ Bener beh.. kalau sama gue, pasti dikirim. Lagian kalau gue yang urus, enggak usah pake biaya adminsistrasi dulu ga pa-pa dah, gue jamin yang ini pasti dikirim!!
Si Ibu mengernyitkan dahi kemudian menegurku, “eh, kalau anak muda ngomong ke orang tua, jangan pake gue, kagak sopan tau.. katanya! “Oh ya? Jadi gue ngomongnya gimana? “Nah, tuh kan pakek gue lagi?! Ngomongnya pake aye, jangan gue. Kalau ngomong ama sepantaran, baru gue! Tapi kalo ke orang tua, kaga sopan, Harus pake aye!! Katanya tegas namun akrab, menasehatiku.

Oh..ie..ie nyak.. gue , eh aye ngerti!! Nah begituu.. “iye nyak, maklum baru tau, baru ada yang kasi tau soalnya.. kemudian tawa seruangan pun pecah.

Semenjak itu aku baru tahu, aye dan gue yang adalah artinya sama, namun memiliki makna yang berbeda bagi pendengarnya, sama halnya dengan bahasa Sunda, Aing dan Abdi, yang walau artinya sama tapi makna bagi pendengarnya juga berbeda, atau bahkan dengan bahasa Indonesia sendiri, saya dan aku.

Penggunaan kata Aku mendefenisikan ke egoan seseorang, terkadang menunjukan seperioritas dan juga pengkotakan diri sendiri dengan orang lain. dengan mengatakan aku dan kalian, pada saat yang bersamaan kita telah memisahkan diri sendiri dengan orang lain.

Itu lah sebabnya mengapa saya tidak terlalu suka ketika seseorang memberi nasehat dengan kata aku, dan kalian, bukan apa-apa, ketika seseorang melakukannya, seolah pada saat itu juga terjadi justifikasi,antara me and you antara rite and wrong!!
Eini wei.. ini Cuma persepsi saya pribadi,yang iseng menulis ini sambil mengisi waktu sore hari yang panjang ini. enggak ngerti juga sih kenapa dan apa tujuannya saya nulis ini, kalau anda ternyata membacanya sampai habis dan mendapatkan sesuatu dari ceritaku ini.. ya, sesuatu banget gitu, buat saya.. :P

Komentar

Postingan Populer