-SPEDA TANDEM-



a Runner Journal

Gw rada semangat pas Petruz , adik komunitas gw meng sms dengan kata “kami”. Entah kenapa, penggunaan kata “kami” disini,seolah memberi harapan, kalau diantara "kami" itu akan ada wanita .. *ini bukan tanda-tanda Jomblo ngenes, melainkan naluri laki-laki, seperti hukum positif- negative, dimana ada positif di situ ada negative.. nah loh? Ngaco?!

Ini memang menjadi sabtu pagi pertama gw, dimana gw engga lagi lari pagi sendirian. walaupun sebenarnya enggak ngaruh juga sih. secara gw lari memang betul-betul niat mau olahraga. buktinya udah hampir tiga buan ini, gw lari pagi sendiran, and fine-fine aja tuh.

Tapi biar bagaimanapun, memang akan lebih berwarna, dan lebih ceria lagi kalau lari pagi ada temannya, apa lagi ada cewenya *tetep.

Setelah markirin speda motor gw, tiba2 sms Petrus masuk lagi: kakak dimana? kami tunggu di pertamina. “oh..maksdunya track lari yang ngadep ke kantor pertamina . sekali lagi gw ngeliat kata “kami” disini , gw makin semangat aja, dan yakin kalau-kalau diantara kami itu, ada cewenya.

Pasang head phone ke kuping, atur volume yang pas.. “ hup.. gw mulai ngambil track terluar dan berlari ngiteri tugu monas. Sambil lari gw mengamati sekeliling, kalau-kalu ada Petrusz and friends. Setelah ngiterin hampir setengah track, gw ngeliat ada baju kuning yang lagi duduk ngejogrok di pinggiran track. agak samar.. tapi gw yakin kalau itu Petruz, ya… ya.. itu Petruz!! tapi, semangat gue langsung down, karena ternyata dia cuman berdua, dan, yeah.. temennya juga cowo. T.T

But its oke, I will be Fine, seolah mengobati mimpi yang tak tercapai, gw langsung kenalan sama tuh temennya Petruz, yang ternyata adalah adik kelasnya dia di sekolah. Begitu selsese kenalan, tanpa banyak basa- basi, langsung gw ajak lari ngelilingi Monas.

Moses yang adalah temannya si Petruz langsung ngos-ngosan pada seperempat Track pertama, sedangkan Petruz masih kuat ngikut gw satu putaran track, untuk kemudian menghilang tanpa jejak. Dan gw terus berlari dan berlari tanpa stop, 3 putaran!! Percayalah ,enggak semua orang bisa lari tiga putaran tanpa pernah berhenti!! *sombong

Setelah tiga putaran nonstop kaki gue mulai berasa pengen copot, dan jantung gw berasa pengen lepas!! nah ini, waktunya buat berhenti, dan mulai jalan kaki. setelah ngiiterin jalan kaki setengah track, gw nemu Petruz dan moses yang lagi duduk ngejegrok di tempat tadi gw menemukannya..ya elah menemukan.

Gw duduk bentar deket mereka, ngobrol sana sini untuk mengakrabkan diri. Lagi asik-asiknya ngobrol di hadapan kita melintas sebuah benda yang seumur-umur bikin gue penasaran. Ya… dia adalah speda tandem.

Dari dulu gw penasaran banget ingin ngreasain naik speda tandem. tanpa pikir panjang, gw ngajak Petrus dan Moses buat ngeliatin tuh speda. Setelah tawar menawar dan diskusi siapa yang berani nyetir di depan, akhirnya jadi juga kita nyewa tuh speda tandem bonceng tiga, yang harganya kena 25 rebo untuk 30 menitan.

Moses duduk paling depan, Petruz di tengan dang w di belakang, tapi karena Petruz blum bisa naik speda, jadi rada ngaruh. soalnya kita hampir ga bergerak! setelah kita suruh duduk di kursi ketiga, akhirnya berfungsi juga tuh sepeda!!

Sepanjang jalan kita ngakkak dan terbahak-bahak, secara jalannya sepeda udah kayak ular, belok kiri-belok kanan, tapi pada putaran kedua kita udah mulai menikmati, walau tetep belok sana sini, dan hampir nabrak ibu-ibu hamil. *horor

Pada putaran ke empat , Moses ngedesak gw buat nyobain nyetir di depan. Setelah hampir nyungsep beberapa kali, akhirnya gw berhasil menahkodai speda itu. Seperti biasa, gw orangnya napsuan, begitu ngerti gw langsung goes sekenceng mungkin, tapi sekenceg apapun gw goes, tapi tetep sepeda kita kalah cepet sama speda satuan atau bahkan speda tandem dua.

Dan gue belajar: ternyata kunci keberhasikan mengendarai speda tandem adalah kekompakan kita dalam mengayuh, dan kekompakan kita dalam menjaga keseimbangan, tanpa itu sepeda gak bisa jalan, dan kalaupun jalan, kita bisa nyungsep.

Sebagai ketua komunitas yang gede nama, tapi sekarang di ambang bubar,gw mulai menyadari bahwa.

Salah satu kunci komunitas yang sehat adalah kebersamaan dan kesepahaman dalam bertindak dan berpikir. tanpa itu komunitas enggak akan jalan degan baik, dan kalaupun jalan, rentan dengan bubaran.

Yang kedua, semua harus bekerja, Moses sempet negur Petruz buat tetep ikut ngayuh ,soalnya kalau dia gak ngayuh a.k.a goes, beban semakin berat, dan itu yusahin buat anggota yang lainnya. sama kayak di komunitas yang sehat, kalau yang rajin cuman dua atau tiga orang , sedangkan yang lainnya engga jelas, hasilnya malah membebani orang lain dan engga maksimal.

Pada putaran keenam, entah datang dari mana, serombongan cewe-cewe anak Sma, yang lagi bergerombol di pinggir jalan, ngga henti-hentinya neriakin kita : “ satu..dua..satu..dua.. mereka ngitung kayuhan a.k.a goesan speda yang gw buat. dengara ya.. “gw” buat, soalnya Fans tidak di undang ini berteriak-teriak histeris, ketika gw yang menahkodai tuh sepeda, tapi mereka mendadak mingkem ketika gw berhentiin speda percis deket mereka.

Habis itu itu speda kita balikin secara memang udah setengah jam, serem kena denda soalnya. Habis itu kita balik. tau dah si Petruz and Friends masih mau lari lagi gak sabtu depan?! cuman satu pinta gue, kalau Petruz masih mau lari minggu depan dan ngajak teman-teman, pastikan ada cewenya.. denger ya, ada C.E.W.E nya!! *tetep

Komentar

Postingan Populer