PAPANGAN MAGO




kejadiannya sekitar sebulan lalu, ceritanya sepulang ngambil jas dari sebuah pusat perbelanjaan paling eksotis di Jakarta Pusat. . .. . Pasar Senen maksud gue! tapi memang ia, Pasar senen memang eksotis buat gue, bahkan gue sempet post seputar pasar ini di blogg gue yang satunya lagi, ini linknya: http://holonioraphotograph.blogspot.com/2012/10/pasar-senen.html     (promosi)

sebelum nyampe parkiran ,gue ngelewati lorong yang terdapat banyak stand makanan, salah satunya  stand Ayam panggang, tempatnya standar banget dan cendrung katrok gitulah, namanya juga pasar. tapi yang bikin gue tertarik.. mesin panggangannya man! ia, mesin panggangnnya made in German! beneran German.. gue lupa mereknya apa, tapi sekilas gue pernah liat mesin panggangan ini di resto-resto gitu.

Bengonglah gue natapin itu mesin yang didalamnya terdapat tiga ekor ayam telanjang yang diputer-puter pelan, dengan perapian biru berkekuatan sedang. "ayam bakarnya mas?! kata siabang penjual dengan mata berbinar-binar haus pelanggan. eh, ralat.. diapanggil Bapak ding, bukan mas.

"e e e.. bukan ngeja, tapi rada gelagapan,..ee.berapaan seporsi mas?! satunya 50.000 pak!! kata siabang antusias. seporsi itu, satu ayam bulet gini?! gue sambil nunjuk ayam telanjang yang muter-muter dimesin itu. "ia pak, satu porsi itu, satuan bulat gini, tapi bisa dipotong-potong kok pak, Kata abangnya makin bersemangat.

dalam hati gue, Boleh juga nih, kapan lagi makan ayam bulet-bulet utuh kayak iklan minyak goreng di majalah atau tipi-tipi gitu, tapi... gue kan barusan makan, ude kenyang dan lagian ayam segede itu makan sendirian?! mana habis maan?! tapii.. kapan lagi, nyobain sesuatu yang enggak main stream, kapan lagi nyobain sesuatu yang belum tentu orang lain pernah lakukan, gue ngobrol dalam hati, percis salah satu adegan andalan di shi*netron indonesia.

" Ia deh bang, saya minta satu deh! kata gue memantapkan pilihan. dengan antusias siabang ngeluarin seekor ayam yang sudah mati dari dalam freezer, ia lah masak masih hidup dimasukin freezer. itu ayam dibersihin, dikasi garam trus dikasi perasan jeruk limau dan sejenis bumbu sederhana gitu, dan.. tadaaa..itu ayam pesenan gue ikutnari-nari dimesin itu.

apinya digedein sambil terus muter-muter.. muter.. muter..muuuuteeer.. gila, lama juga, hampir duapuluh menitan, jadi juga ayam pesanan gue. begitu dikeluarin dari panggangan, siabangnya langsung ngambil golok gede, niatnya buat motong ayam tadi. "eeh bang..bang enggak usah dipotong, bulat-bulat gitu aja!! siabangnya sempet keheranan dan gak yakin gitu ngeliat gue.

ia, soalnya kalau ayamnya dipotong jadi kecil apa spesialnya itu ayam. tiap hari juga gue bisa makan ayam dalam bentuk potongan-potongan dada, paha, dan lain-lain. tapi kalau ayam utuh?! serius.. baru kali itu!!ha ha ha. akhirnya dibungkuslah itu ayam dalam box, beserta 2 saos dalam plastik es lilin.

tapi begitu nyampe di parkiran, gue jadi merasa berdosa gimana gitu. sejenak gue jadi teringat nasehat-nasehat super hero andalan gue. bukaaan.. bukan kolornya yang diluar itu!! tapi almarhum oppung boru atau nenek gue yang boru sitompul maksud gue. gue jadi ingat teladan-teladan hidup yang selalu diajarkan pada keluarga kita.

salah satunya ya.. budaya berhemat, seberapa besarpun limpahan rejeki yang kita terima, jangan pernah berfoya-foya. berhematlah, karena berhemat tanda kita menghargai apa yang kita miliki, dan dalam menghargai apa yang kita memiliki, tercermin syukur terhadap apa yang kita miliki.

"unang papangan mago, nasa dia adong, nasai suda! marsogot longang-longang ma!! kalau diterjemahin, anu.. bingung juga sih, papangan mago itu artinya apa ya, kalau secara kasar sih, si pemakan hilang! ha ha ha absurd abis, tapi secara umum bisa diterjemahin. jangan berfoya-foya, sebrapa yang ada, segitu juga dihabiskan, besok bisa bengong-bengong karena enggak punya apa-apa. gitu kira-kira..ha ha ha

tapii.. apa boleh buat, kan udah dibeli. lagiaan... kan sekali-sekali ini!! gue nenangin diri. begitu nyampe kostan gue enggak sabar nikmatin ayam bulat pertama seumur hidup gue!  ha ha ha.. pertama tama... copot pahanya. "mmm.... taste good man!! nyam.. nyam.. nyam... slurup. beres paha yang satu, yang sebelahnya lagi. nyaaam.. nyaam.. ooo.. heaven on earth!! for you info.. ayam ini memang disajikan ala westren sob, jadi enggak banyak rempah rempah gitu.

saos yang disertakanpun sama, enggak lazim ditemukan dimasakan tradisional. mungkin ngikutin si mesin atau cara masaknya mungkin. beres degan paha, pindah ke sayab kiri...nyam..trus..sayam kanan... nyam..nyam.. dan gue tiba-tiba kenyang, tapi tetap pindah kesayap kanan. trus.. pindah ke daging dada yang super tebal dan empuuk.

gue makin kenyang.. makin kenyang.. dan rasanya makin eneg. secara gue makan ayamnya utuh tanpa nasi tanpa sayur! dari eneg.. semakin eneeg.. sampe-sampe gue pengen udahan dan nyerah. tapii... ini kan masih ada sisa, dikasi tetangga enggak mungkin, kalau dibuang?! gue merasa berdosa banget. lagi-lagi gue teringat teladan super hero gue itu.

oppung gue memang selalu mengajarkan kita untuk menghargai makanan. dan dikeluarga kita, pantangan besar namanya buang-buang makanan. gue jadi teringat saat gue masih kecil.  nenek gue selalu ngajarin buat ngehargain makanan. " unang ibolokkon ho sipanganon i oppung.. marsapata do i daa. tangis do indhan ni molo ibolokkon!! kalau diterjemahin kepanjangan, jadi gue ambil kalimat terakhir, yang sampai gue setua sekarang ini masih nempel dikepala gue setiap kali gue makan. yaitu : tangis do indahan i molo ibolokkon. yang artinya : nasi itu menangis kalau dibuang.

ha ha ha ha... jelas itu analogi yang agak konyol, karena dulu gara-gara omogan itu, gue selalu merhatiin nasi buat nyari tau mulut dan mata mereka dimana, dan tentu saja dulu gue juga sering nanyain hal itu ke oppung gue yang unyu itu. tapi... sekonyol apapun, toh sampai saat ini, keteladanan yang diajarin sama oppung itu nempel terus kemanapun gue pergi.

dan sampai hari ini, dimanapun gue makan, betapa parah dan enggak enak apapun itu makanan, selama makanan itu enggak ngebunuh gue, gue akan makan sampai tuntas!! jadi.. cewe-cewe yang lagi belajar masak, sering dihina-hina masakannya dan butuh penghiburan dan penghargaan atas kerja keras anda, solusinya kirimin ke abang aja yaa... LOL

dan itu jugalah yang membuat kami bijaksana dalam mengambil makanan. "unang asal ma nyonduki! molo hurang tambai! artinya : jangan asal nyendok (ngambil) sembarangan, lebih baik, kalau kurang ambil lagi. intinya menghindarkan makanan terbuang kalau-kalau makanan yang kita ambil itu enggak habis.

back to topic:

jadi dengan sangat terpaksa.. walau perih..eh, walau eneg, gue berjuang tetap melahap sedikit demi sedikit sampai tuntassss.. dan gue pun kekenyangan dan keenegan. yang jelas.. seminggu setelah kejadian ini, gue eneg banget liat dading ayam!! ha ha ha ha.


conclusion:

buat gue, enggak ada salahnya mencoba sesuatu yang sudah lama kita ingin lakukan! orang bule  suka bilang #YOLO kalau indonesianya Idup Cuma Sekali, jadi lakuin aja apa yang mau kita lakuin. walaupun mungkin itu keliatan enggak mainstream, konyol, freak dan atau apalah. selama itu bisa memberikan pengalaman tersendiri dan membunuh rasa penasaran yang suka menghantui, kenapa tidak?!

disisi lain, sesederhanan apapun, sekolot apapun pesan yang disampaikan orang tua kita, percayalah!! semuanya akan membawa kita menjadi pribadi yang lebih baik.

:)


@matondank
















 



  


Komentar

Postingan Populer