Boru Tompul




 
“sumpah! Gue udah berjanji dalam hati buat enggak akan pernah menulis cerita tentang keluhan singleman yang gue rasa terlalu basi dan klise, tapi apa daya.. rasanya udah nyampe diubun-ubun, akhirnya tumpah lagi.
Dua minggu lalu gue  jemput Om/Tulang gue kebandara, Tulang yang menurut gue sangat kepoh masalah jodoh gue ini ceritanya udah mulai bosen ngomongin, dan nasehatin, gue buat cepet merid.Tapi begitu nyampe.. tetep tuh “jadi cemmana mang? Udah kau tanyak boru tompul itu??

Malam ini pas ngoborol2 sama nyokap via telpon, tibalah kedalam topik pembicaraan favorite  nyokap gue: “je boha do?? Enga i sukkun ho boru tompul i? Artinya : cemmana udah kau tanyak boru tompul itu??
Oke.. tanyak disini bukan berarti nanya: “neng udah makan belum?  atau sejenis pertanyaan yang biasa aja, tapi tanyak disini mengacau pada melamar! Ia..melamar orang buat dijadiin istri!
Jadi siapa sih boru sitompul, yang sekarang menjadi bahan perincangankita ini? Jadi ceritanya.. pas bulan 7 kemaren, nyokap berkunjung ke Jakarta, biasa buat jalan-jalan sekalian buat  liat betapa masih ngenesnya gue diperantauan ini.

Dua minggu sebelum kunjungan, kegelisahan dan kegundahgulanaanpun melanda diriku , aku bertanya pada hatiku yang agaknya di pertakut oleh situasi singelisasi... eh?!  Ia, jadi entah kenapa gue mendadak galau, galau sekaligus merasa menjadi pecundang. Masak ia.. tiga tahun yang lalu pas nyokap pertama kali berkunjung kemari gue masih single manis yang unyu, tak mampu mengenalkan gadis manapun pada sang mama?? Dan kali inipun berlaku sama??

“tidak...tidak..tidak begini caranya, aku tidak bisa menerima keadaan ini keluhku sambil berjalan mengitari ruangan sambil memutar otak... halah! Ia jadi gue merasa gelisah enggak nentu gitu, antara tengsin dan malu gimana gitu. Sehingga teringatlah gue sama seorang gadis batak boru sitompul yang dikenalin sama teman lewat fesbuk.

Sealama ini sih kita udah komen-komenan gitu, dan berteman baik di medsos, dan entah karena persamaan pandangan atau apa, menurut gue ini adalah salah satu gadis batak yang menurut gue.. menurut gue loh ya.. (tau dianya gimana) yang paling nyambung. Beda sama yang sudah-sudah yang seringkali gue mearasa diperlakukan mereka like no human!

Jadi, terpikirlah untuk membuat sebuah sekenario,  gimana caranya bisa ngajak ketemuan boru tompul yang cantik ini, dengan harapan 2 minggu kemudian bisa di kenalin kenyokap buat nyemalatin muka gue yang lebih tua dari usia semestinya ini. Tapi apa daya... rencana tinggallah rencana, enggak berasa tau-tau  udah hari H aja, ya akhirnya gue pasrah aja.
“dan... yang kutakutkan pun terjadi..

Suatu sore perbincangan ini pun terjadi, tapi ini udah gue translate dari bahasa batak toba kebahasa indonesia kekinian, kira-kira begini: 

“ck ck ck ck...apa segitunya nak?!
segitu apa nya mak?
Ia...segitu enggak lakunya ya elu?? Masak ia, satu gadispun enggak ada yang mau sama lu?
*dueng* antara terhina, marah dan sedih, diblender ampe halus merata rasanya.
Bukan gitu, bukan enggak ada yang mau.. sayanya memang merasa belum ada yang tepat...membela diri sambil mikir serangan penangkis untuk mengakhiri sesi krusialmenyebal ini.
Tapi  masak ia, enggak ada sama sekali yang lu lagi deketin gitu?!
Siapa bilang.. ada kook.. “ini!!! Suara meninggi sambil nunjukin profile seorang gadis di fesbuk. Ini boru sitompul mak.. orang batak, dewasa, takut Tuhan dan pelayanan jugak!

Trus nunggu apa lagi? Udah ditanyain belum?
Yah.. Enggak segampang itulah.. kan harus pelan-pelan dulu..nanti kaget pulak orangnya..
“oo.. yang penting bawa dalam doa sungguh-sungguh, tanyak Tuhan.. biar dapat yang terbaik. Tapi kali ini dengan wajah yang senang dan tenang. Semenjak itulah, saban bertelpon dengan sanak famili di Medan mereka selalu tanya.. “boru tompul..boru tompul..boru tompul.. percis yang lagi-lagi ditayakan nyokap tadi malem. Hahaha ha

Sebenarnya ada beberapa faktor menurut gue yang bikin mereka sangat antusias degan boru tompul ini:
Yang pertama:  dengan adanya penyebutan nama berarti ada progres, jadi kecurigaan yang mungkin pernah terbesit dipikaran mereka  kalau gue maho luntur sudah! Ha ha ha 
trus.. yang ke 2, ini sesuai dengan harapan, bahkan sangat ideal dengan standar mereka. Orang batak, takut Tuhan, pelayanan, apa lagi cobak?

Yang ke 3. Ya boru sitompul itu, mamanya nyokap atau oppung boru gue adalah boru sitompul! Jadi mereka sudah sangat paham karakteristik boru tompul

Jadi wajar sih menurutgue mereka sangat bahkan over antusias. Tapi.... masalahnya, gadis cantik yang gue catut namanya buat nyelamitin muka gue ini sama sekali enggak tau menahu masalah ini.. sorry ya Maay.. you are my Hero!! U save mylife, eh.. my facelah! Ha ha ha ha muliate ya... plisss jangan somasi gue, apalagi pajang fotomu di bloggini tanpa izin!! Ha ha ha 

Komentar

Postingan Populer