Meet May



  
Setelah sekian lama berteman di dunia maya, akhirnya!! Ketemuan juga didunia nyata! Ha ha ha.. ini lah MAY, atau nama lengkapnya Maya dewi sitompul atau #borutompul ,gadis Batak yang pernah niatnya gue modusin buat nyelamatin muka gue dari mama tercinta. yang merasa ngenes liat anaknya bujang lapuk! 

Maklum Belakangan ini gue memang bertekad untuk keluar dari zona nyaman gue. Ia, selama ini gue nyaman-nyaman aja dengan kesendirian gue, walaupun banyak orang yang menganggap jomblo berkepanjangan adalah sesuatu yang perlu penanganan khusus. 

Tapi buat gue fine fine aja. Itu loh sensasi kebebasannya, lu bisa akrab dengan siapapun yang lu mau, lu bisa jalan kemanapun lu mau, tanpa was-was di teror. “KAMU KEMANA?? KAMU DIMANA?? Well said, setelah melewati beberapa pencerahan, gue memutuskan untuk keluar dari zona nyaman tahun ini, menyitir motto capres kita om Prabowo : kalau bukan sekarang kapan lagi, dan pak Hatta rajasa: kerja nyata. (gue bukan simpatisan mereka loh ya, cuman tag line mereka memang ngena aja) Akhirnya gue memutuskan untuk memulai perjuangan inih! 

Dan seperti dugaan gue, ngajak cewe jalan itu memang tidak gampang, perlu kesabaran extra.. orang tua konon berkata seperti permainan layangan, tarik ulur dan terus sabar menantikan moment yang tepat. Dan setelah beberapa perjuangan belakangan ini, gue memiliki beberapa catatan penting yang mungkin perlu ditauladani oleh para penganut syndrome forever alone yang mau mencoba move on.

1.SAMA SIAPA AJA? 
Rasanya gue pengen banned permanen, (enggak akan pernah ngajak-ngajak lagi seumur hidup) siapapun yang ngajuin pertanyaanini. kalau enggak, rasanya gue teriakin: “sama gue!! Tapi sekali lagi, ini bukan game, atau medsos, jadi ya harus sabar.
Dan saat ngajak jalan, May pun nanya hal yang sama:
“sama siapa saja? 
“sama temen gue May.. dua orang, tapi bentar ya saya tanyain mereka dulu pada mau kongkow dimana… he5 . 

Maksud gue awalanya mau ngajak Jacky dan Linda, tapi apa hendak dikata, kedua teman yang akan menjadi senjata ini ternyata pada pada enggak bisa karena udah terlanjur ada acara juga. Awalnya sempet bingung juga, tapi setelah nunggu waktu sekian lama, akhirnya gue mutusin buat ngajuin niat gue sebenarnya.

“eh May.. ternyata temanku enggak bisa, mereka Cuma lowong pagi ampe siang doang…
“ Kita berdua aja yuk?! He he he he ..

 Tiba-tiba chattnya hilang, hampir putus asa, tapi seteleha beberapa jam.. May pun membalas singkat:

“ Boleh juga… he he he

 Nah, penantianpun terjawab sudah, walaupun kesannya masih ragu, tapi paling enggak udah ada kata setuju. He he he 2.

MEMANGNYA MAU KEMANA?

 Yak, ini pertanyaan kedua yang sering bikin galau, dan tingkat kesusahannya nyaris sama dengan yang pertama. Kalau tadi ngajak cewe itu jalan susah, ini buat gue lebih susah lagi. Bukan.. bukan gue enggak punya pendirian atau tujuan. Cuma selama ini gue enggak pernah yakin tempat yang gue tuju akan disenangi para gadis. Masih jelas diingatan gue, dulu pernah ngajak jalan anak gadis orang ke BLOK.M! ha ha ha, mau ngapain cobak ngajak anak orang keterminal?! 

 Tapi Secara sepintas bisa dipastikan tempat yang disenangi cewe itu ya tempat makan!! Tapi sekali lagi, gue bukan pelit atau enggak mau bayarin merek makan di tempat mahal, cuman itu tadi.. jujur aja, gue jarang nongkrong ditempat ginian. Yang artinya, pun kalau ngajak mereka ketempat makan gitu, jatuhnya gue kurang nyaman karena kurang menguasai tempat. Padahal penguasaan tempat itu penting. Seenggaknya, kalau lu menguasai tempat yang lu tuju, ada point plus disana, yaitu : lu ada bahan cerita buat dia dan jatuhnya bisa lebih pede. He he he

 Dan ya.. sama seperti sebelum-sebelumnya, kali inipun sama! Lu tau gue ngajak May kemana?? ke P.L.A.N.E.T.A.R.I.U.M!! ia, lu enggak salah sob, PLANETARIUM!!

“loh bukannya planetarium bukanya malam yah? Boleh sih.. kebetulan saya juga jarang maen kemuseum-museum gitu. Kata May penuh keheranan. 

“oh ia, boleh May.. gimana kalau Museum Gajah dekat Monas?! Kebetulan saya juga belum pernah kesana. Nah habis dari itu baru ke Planetarium, sekalian nanti kita cari tempat kongkow dan makan sekitaran situ sebelum pulang! Denger-denger di daerah jalan Jaksa banyak tempat ngopi yang asik. He5 Gue meyakinkan May.
Setelah sepakat dengan jam pertemuandan tujuannya, gue minta alamatnya May, prosespun berlanjut. 

3.GOOGLE

 Inilah mesin serba tahu tapi enggak sok tau. Untuk memastikan semua berjalan dengan baik, guepun melakukan proses googling. Dimulai dari tempat gue menuju alamat Rumah yang dikasi May, trus dari Rumah ketempat tujuan. Enggak cuman itu, gue juga lanjut googling profile museum Gajah dan Planetarium, harga tiket, hari dan jam operasional . 

 Tapi.. alamakl!! alangkah kagetnya gue setelah mengetaui bahwasanya seluruh Museum yang ada di Jakarta dan mungkin Indonesia, memliki hari libur yang sama yaitu : SENIN DAN HARI LIBUR NASIONAL= MUSEUM TUTUP. Sempat galau, tapi gue diemin aja seolah semua berjalan sesuai rencana. Ia lah.. ketimbang batal?! 

Daan.. hari yang dinantikanpun tiba. Gue nyampe lebih awal 20 menit dari waktu yang dijanjikan. Sebuah prestasi sih, secara gue kan tukang ngaret. Gue nunggu di pinggir jalan, karena sepertinya May enggak terlalu menguasai alamat tempat tinggalnya sendiri. Dan setelah nunggu nyaris duapuluh menit, si May nongol tepat dibelakang gue.

 “Andreas udah nunggu lama? 
“enggak terlalu juga sih May..
 kata gue sambil nyerahin helm ke May.. itu helm enggak langsung di pake, yaa secara helmnya rada dekil. Ha ha ha Entah karena baru pertama kali ketemu, di atas motor si May kebanyakan diamnya. Mungkin antara Kagok dan kikuk kali, maklum, baru pertama ketemu langsung main diboncengin aja.

 Dari tempat tinggal May keMonas enggak terlalu makan waktu lama, karena memang libur jadi jalanan rada sepi. Duapuluh menitan kita nyampe di museum Gajah atau juga lebih dikenal sebagai museum nasional. Tapi suasana depannya tampak lengang, cuman ada beberapa orang yang motret-motret dari luar pagar museum. Enggak sampe turun dari motor, gue cuma nepi dan nanyain tukang minuman speda yang nogkrong disitu. 

 “bang, numpang nanya?! Museumnya lagi tutup ya?!
 “ia pak.. tutup, tanggal merah biasanya memang tutup!
 Ooh.. makasih bang!
 “waah gimana nih May, museumnya tutup?! kata gue sok prihatin, padahal gue udah tau dari kemaren karena udah googling duluan. He he he 

“yaa.. gimana lagi.. kata si May tampak bingung dan sedikit kecewa.
“ Eng.. kalau kota tua mau?!
 “Ngapain kota tua? Tapi ya terserah.. kata si May engga antusias.
 “ Kok terserah May? Atau May ada ide gak, kita mau jalan kemana? Gue nanya balik. ditanya balik kek gitu si May tambah bingung.

“ Ya udah kalau memang mau kekota tua ya bolehlah.. katanya masih tetap enggak antusias dan perjalananpun berlanjut.

 KOTA TUA! 

Yak, inilah lokasi paling bersahabat bagi para potografer. Selain lokasinya yang gampang dijangkau , dan suasananya yang eksotik, tempat ini juga ramah buat kita yang masih baru belajar motret. Dulu pertama kali pegang kamera, nyaris sebulan dua kali gue main ketempat ini. Enggak tau kenapa, menurut gue saban main ketempat ini selalu ada hal baru buat dikesplor. (halah bahasanya) 

 Dan yang lebih penting dari itu, gue nyaris menguasai kota tua dari ujung ke ujung. Itu artinya point ekstra buat gue. Apalagi setelah nanya si May justeru belum pernah berkunjung kemari. Jadi gue ada bahan buat diobrolkan, plus karena menguasai lokasi otomatis gue kelihatan lebih pinteran dikit! Ha ha ha 

Setelah markir motor, kita mulai jalan, si May tampaknya benar-benar enggak antusias. ekpresinya datar, ngomongnya kayak dijaga, gue sempet mikir, mungkin karena faktor kerjaan kali ya? apa dia dikantor jabatannya manager kali ya, jadi ngomong mesti dijaga buat jaga wibawa. Tapi untunglah gue sanguine, sebisa mungkin gue ngebacot terus untuk menghidupkan suasana. Dan tampaknya mulai membuahkan hasil. “jadi yang prawedding-prawedding itu motret disini? “ooh ia May.. blah..blah..blah… gue langsung ngecap sebisa gue. 

Tapi suasana kembali sepi, si May tampak datar lagi.. “ Oia May, coba kita kearah sana, disana ada museum Bank Indonesia sama museum bank Mandiri, kali aja buka?! gue meyakinkan, padahal gue juga udah tau kalu kedua museum itu tutup karena udah udah baca sebelumnya, habisnya mau gimana lagi, gue bingung mau ngomong apa..He he he he

“Yaah.. sama May.. tutup juga! lagi lagi gue belaga kecewa ..
 “ya udah kita balik ketempat tadi aja yuk?! Laiknya tour guide dengan pedenya gue ngejelasin tempat itu.

“ini May… ini namanya museum Fatahilllah, sebenarya ini adalah objek utama dikota ini May.. di belakang museum Fatahillah ini juga ada gedung lain May.. blah blah blah.. Beberapa saat kita ngiteri lapangan Museum Fatahillah yang lagi ramai, sempat nonton kuda lumping bentar, si May sempet antusias gitu ngeliatnya, tapi enggak lama dia nyerah.

“ngilu liat orang dicambuk-cambuk katanya. Sementara gue mikir keras bagaimana menghidupkan suasana, lagian ini masih jam3 sore matahari lagi panas-panasnya. Enggak berapa lama kita berada di depan gedung kantor Pos. ada pamphlet pamaeran. Kita memutuskan masuk buat nyari tahu.

 “siang pak.. mbak.. boleh tahu dari media apa? Kata resepsinosit, maklum dari tadi gue udah ngeluarin kamera slr, jadi dikira wartawan

“enggak mas… mas mau liat-liat aja, ini pameran apa ya? Gue nanya balik. 
“ini pameran art contemporer pak, kalau mahasiswa kena 25.000 kalau umum 50.000
gue lirik May, 
"mau gak May?! Si May, masih tampak bingung.. Belum sempat si May jawab, ya udah dua pak!! kata gue buru-buru, Lagian siang-siang dikota tua yang maha gerah, mau ngapain coba?!

 Ruang pamerannya ada di lantai 2, satu persatu kita merhatiin isi pameran yang ada, suasana yang tadi kaku mulai agak cair. Dengan sedikit dipaksa, akhirnya si May mau gue potret, sesekali gue motretin dia pake Hpnya. 


Suasana yang adem memang bikin betah. Usai menyusuri satu demi satu karya seni yang ada dilantai 2, kita memutuskan buat duduk di lounge yang yang tersedia sambil sesekali ngobrol sampai akhirnya kita ketemu salah satu potografer penggiat seni di pameran itu. Sama-sama potografer membuat obrolanpun nyambung. 
 
Obrolan dilantai 1 kita lanjutin kelantai 2 sambil nikmatin kopi mochacino, fasilitas yang Cuma didapat sama kita pemegang tiket umum. Usai itu kita lanjutin kongkow di kopi tiam yang kebetulan baru buka dan berada satu komplek dengan kota tua. sekaligus ngisi perut, maklum sedarai tadi kita belum makan apa-apa, ternyata kebetulan tempatnya bagus jadi sekalian deh kita motret-motret disini.

 
 Beres dengan urusan perut, kita lanjutin motret-motret sebentar di sekitar kawasan kota tua, 


enggak berasa jam udah jam 10 malam lebih. Kita memutuskan buat pulang. Sesampainya diparkiran sempat bingung karena salah satu helem kita raib dengan indahnya. Padahal tadi sebelum ditinggal udah rapi di cantelin ke bagasi motor. Tapi syukurlah, si abang tukang parkirnya berbaik hati minjemin helemnya ke kita. Tigapuluh menit kemudian gue nganter May pulang, tapi kali ini bukan depan gang seperti gue tadi jemput dia. Melainkan sampai depan kost-kostanya dia, dengan demikian berakhir sudah kebersamaan kita hari itu.

 Entah buat May, tapi buat gue ini adalah Dating! Bahkan merupakan my first dating ever!! Ha ha ha.. ia sih, selama jalan bareng enggak ada omongan jurus menjurus, Cuma obrolan santai laiknya teman biasa. Tapi tetep gue mengklaim ini dating karena memenuhi criteria atau standar dating yang tentunya gue buat sendiri (klaim pribadi) antara lain: 

-Bukan Teman 
Yak, May bukan teman kerja, bukan anak komsel, bukan teman sepelayanan. May adalah seoarng gadis yang gue ajak jalan dengan tujuan semata-mata saling mengenal, bukan faktor lain, semisal kerjaan atau pelayanan!

-Lokasi
 Yak, lokasipun gue tentuin, buat gue ini something banget!! Jarang-jarang ada orang setuju sama tempat yang gue mauin. Ha ha ha -

-Jemputan
 Faktor ketiga adalah antar jemput. Kalau Cuma sekedar kenalan sama gadis di tempat A, atau tempat B trus pulang masing-masing, buat gue itu adalah kopi darat! Bukan dating. Dan kali ini gue berhasil nganter May pulang pergi. 

-Traktir
 Tipikal gadis mandiri manapun biasanya agak alergi kalau dibayarin, apalagi pada saat jumpa pertama. Hal ini pun berlaku buat May, reaksinya pun sama, enggak terima gitu gue traktir. Tapi dengan sedikit usaha, gue berhasil maksa May merelakannya. Dan entah kenapa, poin ini membuat gue merasa jadi pria sungguhan! (lah emang selama ini pria boongan) 

UNFORGETABLE MOMENT 

Oke, dari sepanjang waktu yang kita lalui, mungkin poin inilah yang tidak akan terlupakan oleh kita berdua, sekaligus kejadian dimana May bener-bener lepas menjadi diri sendiri, dan ya..gue nyaris ditabok sama dia! Ha ha ha ha 
Kejadiannya sebelum nganterin May Pulang, May minta dianterin ke salah satu kantor bank yang agak gedean, dengan harapan di tempat tersebut terdapat ATM setoran tunai. Niatnya mau transfer reward ke orang kantornya dia. Dan ini udah dia omongin sejak awal kita nyampe kota tua, dan cukup menggangu pikirannya.

 Nah setelah selesai nyetor May nyemperin gue di parkiran depan, dan gue langsung ngasi Helm ke May, habis itu gue langung manggil tukang parkir dan nyerahin uang parkir dan langsung tancap gas! Tapi tiba-tiba tukang parkir dan teman-temannya buru-buru ngehalangin jalan gue sambil nunjuk-nunjuk kebelakang. 

"Bang..bang.. tungguin! Itu..itutemannya ketinggalan tuh!! Gue langsung berhenti, panik dan langsung noleh kebelakang mandangin May dengan tas terbuka ditangannya. Ekspresi kaget, marah, dan mau ketawa nyampur jadi satu. Trus ngejar gue, nyaris nabok sambil ngakak. “memangnya enggak dengar ya? Kan aku bilang tunggu sebentar mau nyari uang kecil buat parkir?! 

“sorry May.. aku enggak denger, setauku pas ngasi helm ke kamu, kan ada jeda cukup lama, aku pikir kamu udah naik. kata gue sambil ngakak, sekaligus nahan malu karena diketawain sama orang-orang sekitar situ. 

so, walaupun secara keseluruhan Dating ini May tidak terlalu enjoy, soalnya gue liat dia lebih sibuk sama handphonenya. tapi buat gue kesempatan ini tetap saja berharga, bukan saja karena ini my first dating ever. tapi juga karena gue udah lepas dari zona nyaman, dan memulai langkah awal untuk bertindak!! dan belajar move on dari #putribungsuPakBambang ,siputri mimpi yang serba mustahil itu.

langkah awal selalu adalah langkah tersusah bukan?! so berharap kedepannya bisa bisa menjadi datingman yang lebih menyenangkan, sekaligus punya kesempatan buat ngobrol yang menjurus-menjurus gitu.. maksudnya, kesempatan buat ngobrolin hal-hal yang menjurus ke koalisi hidup!  ha ha ha 

thanks May for that day! I enjoy and very apriciate you for my date mate! *bener gak sih ini inggris gue* ha ha ha.. simpelanya, Makasih Maya udah ngedate bareng, buat saya itu sangat berkesan. :)


-end-


  

Komentar

Postingan Populer