Dua Ribu bisa apa?

Hello guyz, udah lama banget nih enggak nulis, bukan karena sibuk sih, cuman ya enggak dapat aja moodnya. Cuman entah kenapa malam ini gue cukup tergerak buat nulis pengalam gue siang tadi. Jadi ceritanya tadi siang gue belanja ke pasar pagi daerah Kota buat beli barang-barang perlengkapan packing toko buku online gue, Matondank Books. Puji Tuhan sekarang lagi lumayan rame nih, optimis sih, kalau gini terus awal tahun depan cukup punya nyali buat ngelamar putri tercantik sejagad, ia Putri bungsu pak Bambang maksud gue, Doain ya!

Nah sehabis belanja gue ke parkiran buat ambil motor, karena parkiran padat dan motor gue agak ditengah tukang parkir inisiatif bantuin keluarain motor gue. Sesudah itu gue ngasi lipetan dua ribu ke bapak tukang parkirnya. Reaksinya biasa aja, seperti umumnya tukang parkir yang terima uang parkir. Terus gue mulai nyalain motor gue dan siap jalan, tetiba bapak tukang parkir tadi mengangguk sambil ngelambain tangan tersenyum dengan wajah seneng banget.

Lu tau kenapa? Dua ribunya enggak selembar doang, seperti tarif parkir seharusnya, gue ngasi dua lembar..ia dua lembar, artinya gue lebihin dua ribu. Bapak itu bukan satu-satunya yang ngalamin, nyaris setiap parkiran kalau gue parkir lama gue kasi lebih dari semestinya, dan reaksinya selalu sama, senyumnya, antusiasnya, respek yang lu dapet, price less.

Padahal kalau dipikir-pikir dua ribu bisa apa sih? beli gorengan paling cuman dapat dua biji. Zaman sekarang dua ribu bagi sebagian orang enggak lebih jadi uang kecil yang menuh-menuhin kantong, tetapi bila digunakan pada waktu yang tepat, pada orang yang tepat efeknya beda banget, itu bisa jadi blessing dan powerfull banget.

 Mungkin ini kedengaran  konyol dan lucu tapi sudah kebiasaan gue buat kasi uang lebih untuk tukang parkir, tukang cukur, tukang cuci motor, tukang pijit, tukang gojek kalu mereka nganterin buku yang dipesen ke Matondankbooks,  gue nyaris enggak pernah kasi pas, kecuali tukang parkir indomar*t atau Alfamar*t loh ya, yang parkir bentaran doang udah di samperin dan sering kali enggak helpfull, kalau yang satu ini gue selalu ngasi pas, soalnya enggak ada effort lebihnya, berasa tukang palak. Tapi buat mereka yang nungguin parkiran kita jam-jaman, wajib banget bagi gue ngasi lebih.

Alasannya.. mau tau? alasannya adalah ketika gue ngasi lebih kebanyakan reaksinya seneng banget, rasa syukur mereka itu nular ampe kehati, adem banget liat reaksi senyuman mereka dan yang pasti membuat gue merasa menjadi orang kaya. Ia, orang kaya! Ingat ada quote yang bilang, menjadi orang kaya tidak ditentukan seberapa yang kita bisa miliki dan simpan, tetapi sebarapa yang kita bisa beri, artinya ketika lu bisa beri lebih maka saat itu elu tergolong HORANG KHAYA!!

Elu mungkin bisa ketawa dengar cerita ini dan menganggap hal ini konyol lalu lewat gitu aja, tetapi elu juga bisa mencontoh dan melakukannya dan rasakan sensasinya, Untuk memberi lebih enggak mesti dimulai dari hal-hal besar, tetapi hal-hal sederhana yang bisa kita lakuin, Ini bukan masalah duitnya, tetapi ini tentang ungkapan terimakasih kita ke orang sekitar, tentang bagaimana kita menghargai dan mengakui mereka, karena terkadang say thankyou saja enggak cukup, harus ada aksi nyata dan itu bisa di mulai dengan hal sederhana: dua ribu.

Ini cerita tentang duit dua ribu gue, Dua ribu lo bisa apa?






 


Komentar

Postingan Populer